FUP Indihome – Cara Pengecekan & Daftar FUP Lengkap!

Siapa nih yang gunakan layanan internet Indihome di rumah? Kalau kamu salah satu orangnya, maka kamu harus banget simak pembahasan tentang FUP Indihome ini gengs. Masih banyak juga nih yang belum tau tentang FUP dari layanan yang satu ini.

Iyakan? Kamu salah salah satu orang yang masih belum paham dan masih butuh banget informasi seputar FUP dari layanan internet yang satu ini, pastinya, hehehe. Tapi ga masalah, disini mimin bakalan kasih ke kamu juga kok informasinya. Jadi kamu engga perlu khawatir lagi.

Oya gengs, pastinya di zaman yang sudah sangat amat modern ini kita bisa menemukan banyak hal kan? Kayak aja aplikasi-aplikasi atau alat hiburan lainnya yang bisa kita dapatkan hanya dengan ponsel saja. Tapi memang itu semua bisa digunakan dengan kuota internet.

Bener apa bener nih? Kuota internet sekarang ini kayaknya udah jadi bahan pokok yang mana harus ada di setiap harinya. Soalnya kalau engga ada internet kita bisa-bisa engga bisa melakukan aktivitas apapun lagi. Apalagi kalau kamu memiliki perkerjaan yang membutuhin banget internet.

Nah, biar enak nih, sekarang orang-orang banyak gunakan layanan internet di rumah gengs, jadinya mereka engga perlu beli kuota eceran lagi. Kamu bisa gunakan kuotanya selama batas FUP itu masih ada. Udah mulai bingung kan kamu pastinya?

Kalau gitu, untuk pembahasan lebih lanjutnya dan supaya kamu engga bingung lagi, simak pembahasan yang ada di bawah ini ya. Cirikhas.com bakalan kasih pembahasan yang tuntas tentang masalah FUP di layanan internet Indihome ini. Yuk!

Apa Itu FUP Indihome?

FUP Indihome

Oke kalau gitu kita masuk ke pembahasannya langsung ya gengs, biar kamu jadi paham dan mengerti. Untuk kamu pengguna layanan internet Indihome, pastinya kamu selalu gunain kuota internet yang unlimited kan ya. Tapi walaupun unlimited kuota kamu masih ada batas penggunaannya lho gengs.

Nah, batas penggunaan dari kuota internet yang kamu punya itu namanya FUP gengs. Jadi, FUP itu singkatan yang diambil dari kata Fair Usage Policy yang mana ini tuh kayak kebijakan dari pihak Indihome dalam penggunaan internetnya. Walaupun paket unlimited juga akan ada batasnya ya, seperti yang udah dijelaskan tadi.

Gimana udah paham kan apa yang dimaksud dengan FUP ini? Paham dong ya! Kebijakan FUP ini juga tuh diberlakukan untuk ngejamin layanan dan menjaga layanan internet dari seluruh Indonesia. PT Telkom memang mengeluarkan kebijakan yang satu ini demi kenyamanan penggunanya, ya.

Terus batas dari kebijakan tersebut yang ini berlaku dari kecepatan yang mana aja min? Untuk kecepatannya itu layanan Indihome Fiber Telkom Indonesia minimal 10 Mbps ya gengs, tapi kebijakan ini engga berlaku untuk yang gunain UseeTV lho, ya.

Banyak juga nih yang nanyain gimana kalau kita udah masuk ke FUP itu dan apa dampaknya? Untuk dampak dari paket unlimited yang udah masuk ke FUP itu tuh nanti kecepatan dari internet kamu turun gengs. Jadi kalau semakin jauh udah lewat FUP-nya maka nantinya akan semakin lambat juga gitu kecepatan internet kamu.

Kan perhitungan untuk kuota unlimited kamu itu tuh jangkanya sebulan ya gengs, kalau masuk awal bulan berarti dari 0 lagi gitu. Makanya disarankan kamu untuk ngelakuin reset setiap bulan itu. Kan biar nantinya internet kamu berjalan dengan lancar dan kecepatannya juga tuh menyesuaikan gitu lho.

Kamu udah paham kan sampai disini? Kalau memang kamu sudah paham, kita bisa lanjut dong ya ke pembahasan yang lebih lanjutnya? Oke deh kalau gitu markinjut aliat mari kita lanjut, hehehe.

Strategi yang Bisa Dilakukan Supaya Penggunaan Indihome Tidak Cepat Masuk FUP

FUP Indihome

Kan kalau kita pakai layanan internet itu kita kadangan suka lupa ya atau malahan keenakan gitu, jadi mau apa-apa langsung aja. Tapi sekarang kamu harus ingat kalau paket internet kamu itu ada FUP-nya. Jadinya kamu harus agak hemat dikit lah ya, wkwkw.

Memang sih batas dari FUP ini tuh bisa dibilang ya besar sih, apalagi kalau kamu cuma pakainya sendiri aja, mimin yakin engga bakalan sampe masuk tuh FUP. Tapi kan kita engga tau ya, siapa tau walaupun kayak gitu nanti tiba-tiba masuk aja batas FUP itu.

Makanya nih, biar kamu bisa jaga-jaga gitu dan lebih bisa me-manage penggunaan dari kuota internetnya, mimin udah siapin strateginya nih. Kamu bisa ikutin strategi yang udah tim Cirikhas.com siapin di bawah ini. Udah penasaran kan? Langsung aja di bawah ini ada strategi untuk bisa jaga internet supaya engga cepet masuk batasnya.

Rajin Mematikan Modem Saat Jaringannya Tidak Digunakan atau Bepergian

Cara pertama yang ampuh nih untuk bisa jaga penggunaan internet kamu supaya nantinya engga boros adalah rajin matikan modem pas jaringan engga digunain. Kayak misalnya kalau kamu mau mudik, liburan atau lainnya deh. Pokoknya yang perginya itu lumayan lama ya gengs. Kan biar aman juga engga ada listrik yang menyala gitu. Tapi engga dikit-dikit dimatiin juga, nanti yang ada malah konslet dan engga bisa keguna deh, sewajarnya aja ya.

Tambahkan Keamanan dengan Password Wi-Fi Supaya Lebih Hemat Penggunaannya

Kalau cara yang kedua ini tuh buat orang-orang yang suka gunakan Wi-Fi sesukanya ya gengs. Jadi kan nantinya kalau kamu tambahin password di Wi-Fi kamu, dijamin deh orang-orang yang engga tau nantinya engga bisa gunain jaringannya. Soalnya nih kalau banyak orang yang gunain jaringannya juga tuh bakalan cepet masuk ke FUP nantinya, terus jaringannya jadi lama deh.

Gunakan Kuota Internet Secukupnya dan Jangan Terlalu Berlebihan

Nah, kalau yang terakhir ini biasanya kan ada nih yang kalau udah gunakan Wi-Fi jadi seenaknya gitu. Pakai kuota jadi boros banget karena ya engga kira-kira gitu. Supaya engga cepet habis atau cepet masuk ke batasnya kamu jangan gunakan berlebihan gengs. Kamu sebisa mungkin gunakan secukupnya saja, jadi engga cepet habis juga. Oke ga? Sesuai kebutuhan aja gitu, ya.

Panduan Tentang Tata Cara Cek FUP Indihome dengan Beberapa Alat Sederhana

Mungkin masih ada diantara kamu yang belum tau cara untuk ngecek FUP layanan Indohome ini kan? Nah, cara yang satu ini tuh harus banget diketahui sama semua penggua Indihome tau gengs. Soalnya kan FUP ini bisa dibilang penting ya dalam penggunaan kuota internet.

Kalau memang kamu belum tau, mimin mau kasih tau ke kamu deh gimana cara untuk cek FUP dari layanan Indihome ini. Ada tiga gengs caranya, kamu bisa gunakan mana saja yang menurut kamu worth itu ya gengs. Kan biar enak kamunya juga ya.

Ada cek lewat SMS dengan cara yang sangat sederhana, lewat aplikasi Indihome sendiri atau pakai website resminya. Semua caranya mudah-mudah kok, langsung aja ya kalau gitu langkah-langkahnya.

Cek FUP Indihome lewat SMS dengan Sangat Simple

FUP Indihome

Untuk cara yang pertama ini tuh simple banget, engga perlu pakai kuota internet dan juga engga ribet. Kalau cara yang pertama ini sih dijamin sih semua orang juga bakalan bisa. Soalnya kan bisa lewat menu perpesanan yang ada di handphone kamu aja, udah deh jadi.

Tapi, nantinya kamu harus siapkan pulsa ya, engga banyak-banyak kok, mau liat gimana caranya? Kamu bisa liat di langkah-langkah yang akan mimin bagiin di bawah ini ya. Simak dengan seksama biar kamu mudah untuk ngelakuinnya ya gengs.

  1. Di handphone, kamu masuk ke menu “Perpesanan atau SMS”.
  2. Abis itu, kamu klik “Buat Pesan Baru” dan ketikkan nomor yang mau dituju, yaitu “98108”.
  3. Tuliskan di isi pesan “ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon kamu”.
  4. Kalau udah, klik langsung “Kirim Pesan”.
  5. Nantinya kalau udah kekirim, kamu bisa dapatkan balasan yang isinya tuh informasi tentang FUP layanan internet Indihome kamu.
  6. Selesai, kamu bisa tau deh.

Cek Batas dari FUP Indihome dengan Aplikasi Resmi MyIndiHome

Cek Batas dari FUP Indihome dengan Aplikasi Resmi MyIndiHome

Nah, cara kedua untuk bisa cek batas FUP dari layanan internet Indihome kamu adalah pakai aplikasi resminya. Untuk kamu pengguna layanan Indihome yang udah lama pastinya tau deh kalau ada aplikasi bernama MyIndiHome. Kamu udah tau belum nih?

Aplikasi yang satu ini udah bisa kamu download dengan mudah kok gengs, terus kalau mau downloadnya gratis kok engga perlu bayar. Untuk nemuin aplikasinya ada di Google Play Store dan App Store juga, jadinya engga akan kesusahan deh untuk nyariin aplikasinya.

Tenang aja aplikasinya ini aman kok dan pastinya udah legal ya, langsung download ga sih kalau yang belum punya aplikasinya? Hehehe. Cara untuk gunakan aplikasinya juga ga nyusahin kamu, langsung liat langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Kalau sudah didownload aplikasinya, kamu bisa langsung buka aja aplikasi “MyIndiHome” dan langsung login atau daftar akun dulu, ya.
  2. Udah gitu, kamu bisa klik tanda “titik tiga” yang ada di halaman aplikasinya.
  3. Terus pilih deh “Lihat Penggunaan” dan kamu tunggu aja deh sampai informasi batas penggunaannya timbul.
  4. Kalau sudah muncul, kamu bisa deh melihat apakah kuota kamu sudah akan habis atau masih ada sisa.
  5. Selesai.

Cara Mengecek Batas FUP dari Indihome dengan Website Resmi Indihome

Cara Mengecek Batas FUP dari Indihome dengan Website Resmi Indihome

Kalau kamu udah engga cukup ruang untuk download aplikasinya, kamu bisa juga lho gunakan website resminya. Sama aja kok mau gunakan aplikasinya atau gunakan website resminya juga. Malahan kalau gunakan websitenya tuh lebih hemat penyimpanan ya, hehehe.

Terus juga nih cara untuk ngecek batasan FUP-nya itu mudah banget, cuma butuhin browser yang ada di perangkat kamu aja. Biar enak dan kamu bisa langsung coba lakukan pengecekkannya, maka simak langsung aja ga sih langkah-lagkah di bawah ini?

  1. Kamu buka aja deh “Browser” yang ada di perangkatnya, bisa chrome atau lainnya juga.
  2. Tuliskan langsung alamat websitenya langsung deh klik “search”.
  3. Kamu bisa langsung “login atau registrasi akun” ya gengs.
  4. Udah masuk ke websitenya, kamu bisa langsung cara paket Indihome terus klik “Lihat Rincian”.
  5. Kalau udah, kamu bisa liat semua rincian dari informasi FUP-nya.
  6. Selesai.

Macam-Macam Batasan Indihome dengan Jumlah Mbps yang Digunakan

Macam-Macam Batasan Indihome dengan Jumlah Mbps yang Digunakan

Sekarang kita masuk ke pembahasan yang lainnya lagi ya gengs, pembahasan yang satu ini tuh engga kalah pentingnya lho. Soalnya kan biar jaga-jaga ya gengs kalau udah tau kan enak. Nah, kayak yang udah disampaikan di atas tadi kalau batas minimal FUP itu 10 Mbps.

Jadi kalau kamu pakai di bawah 10 Mbps, maka paket kamu belum dikenakan kebijakan FUP itu. Jadi kamu udah penasaran ya tentang kebijakan FUP tersebut? Kalau gitu, kita langsung aja deh simak pembahasan di bawah ini biar kamu jadi tau. Lengkap lho pembahasannya.

FUP 10 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Nah, kalau kamu pakai layanan internet Indihome dengan kecepatan yang 10 Mbps, maka batas pemakaiannya tuh sampai 300 GB. Batas tersebut tuh batas yang umumnya digunain sama orang-orang ya gengs. Kalau udah sampai batas itu nantinya kecepatan internet bisa turun sampai 75%, lho.

Tapi, kalau kamu gunakan internetnya sampai batas maksimal 400 GB, nantinya kecepatan internet kamu semakin melambat tau gengs. Kalau udah mencapai 400 GB itu kecepatan internetnya bisa sampai 40% gengs. Bisa dibayangkan ya gimana kelambatannya itu, hehehe.

FUP 20 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Kalau kecepatan internetnya itu yang 20 Mbps, batas maksimal pemakaiannya tuh bisa sampai 500 GB yang umumnya dan 800 GB. Kalau udah 500 GB, nantinya kecepatannya bisa nurun jadi 15Mbps. Terus kalau yang udah sampai 800 GB, nanti kecepatannya jadi sangat lambat, yaitu 8 Mbps.

FUP 30 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Nah, kalau penggunaan kuota internet yang 30 Mbps ini, penggunaan maksimal kuota internetnya itu bisa sampai 700 GB gengs, cuma memang kalau udah sampai di batas maksimal ini, kuota internet kamu bisa jadi lambat sampai 22.5 Mbps gengs.

Nah, terus juga nih kalau kamu gunakan kuota internetnya sampai 1.200 Mbps, nantinya kecepatannya juga bisa lebih menurun dan bahkan bisa dibilang lama lho, yaitu mencapai 12 Mbps gengs. Apa engga lambat banget coba? Kan jadi agak susah ya kalau gitu.

FUP 50 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Kalau kamu masuk ke orang yang suka banget nih gunakan internet besar dalam seharian, paket dengan kecepatan 50 Mbps ini cocok deh. Tapi batas penggunaan dari 50 Mbps ini mencapat 1.200 GB lho yang normalnya. Kalau kecepatan itu aja tuh udah bisa berkurang kecepatannya jadi 37.5 Mbps.

Namun, kalau udah nyampe batas minimal yang 2.000 GB nantinya kecepatannya bisa sampai 20 Mbps, kan apa engga lama gitu ya gengs. Apalagi kalau digunakannya untuk download file-file yang ukurannya besar gitu. Udah lama banget pasti.

FUP 100 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Paket yang terakhir yang pastinya punya kecepatan yang lebih besar dari paket lainnya adalah paket 100 Mbps ini. Di paket yang satu ini batas penggunaannya juga bisa dibilang besar lho, yaitu mencapai 2.000 GB. Kalau udah di batas ini nantinya kecepatannya bisa kurang sampai setenganya lho, yaitu 50 Mbps gengs. Untuk yang udah biasa pakai 100 Mbps kalau udah turun sampai setengahnya pasti langsung berasa lama banget deh.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

By : Cirikhas.com

Leave a Comment