Download Aplikasi Taspen Otentikasi dan Cara Pakainya

Seiring dengan layanan digitalisasi yang kian berkembang, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satunya adalah Taspen yang menerbitkan aplikasi Taspen Otentikasi yang berguna bagi para penggunanya.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu dengan melakukan pembuktian fisik melalui perekaman wajah yang ditangkap oleh kamera. Perekaman ini nantinya digunakan untuk mendapatkan hak pensiunan. Bagi para pensiun, harus memiliki aplikasi ini agar dana bisa dicairkan.

Apa saja fungsi serta cara penggunaannya? Bagaimana cara menggunakannya dan apa saja hal yang harus diperhatikan dalam melakukan otentikasi? Semua tentang aplikasi Taspen Otentikasi sampai link downloadnya akan dibahas lebih lanjut.

Ulasan Seputar Aplikasi Taspen Otentikasi

Ulasan-Seputar-Aplikasi-Taspen-Otentikasi

Aplikasi ini berguna bagi seluruh pensiunan ASN di Indonesia terkait dengan pembayaran Taspen. Berdasarkan laman resminya, taspen.co.id, aplikasi ini telah diunduh oleh jutaan pengguna.

Di tahun 2021, pengguna yang mengunduhnya mencapati sekitar 2,8 juta orang. Tentu ini bukanlah jumlah yang sedikit dan merupakan pencapaian yang luar biasa. Setiap tahunnya bisa bertambah jumlah penggunanya.

Taspen Otentikasi ini dibuat dengan mengacu pada 5 prinsip yaitu:

  • Tepat orang: penerima dana pensiun berada di tangan yang tepat.
  • Tepat waktu: praktis karena bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja sehingga lebih efisien.
  • Tepat administrasi: administrasi lebih rapi karena data lebih tervalidasi karena menggunakan perekaman wajah.
  • Tepat tempat: tidak perlu pergi ke kantor cabangnya. Cukup melakukannya melalui mobile phone. Selanjutnya, pensiunan dapat mengambil dana tersebut melalui ATM.
  • Tepat jumlah: Jumlah gaji atau uang dicairkan sesuai dengan kategori pensiun.

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Taspen Otentikasi

Fungsi-dan-Kegunaan-Aplikasi-Taspen-Otentikasi

Aplikasi ini digunakan untuk para pensiun mendapatkan dananya dengan mudah. Tujuan aplikasi ini yaitu dana pensiun dapat diterima setelah melakukan otentikasi data. Otentikasi ini merupakan sistem yang akan membantu dalam pendataan para pensiunan.

Berikut adalah fungsi dan kegunaan dari aplikasi ini:

1. Tepat Sasaran

Dengan adanya aplikasi Taspen Otentikasi akan memudahkan pendataan serta agar mengurangi resiko salah sasaran. Hal ini untuk mencegah penerimaan dana pensiun mengalir ke tangan yang salah.

Oleh sebab itu, orangnya sendiri atau pensiunan ini yang harus melakukan otentikasi, bukan orang lain. Dengan demikian, dananya akan jatuh kepada pensiunan tersebut secara tepat.

2. Lebih Fleksibel dan Memudahkan Pensiunan

Kegunaan lain dari aplikasi ini yaitu memudahkan pengguna untuk melakukan otentikasi secara mobile tanpa harus berkunjung ke kantor Taspen secara langsung. Tentu ini sangat bermanfaat bagi pensiunan.

Apalagi, mayoritas pensiunan sudah berumur sehingga tidak fleksibel jika harus mengunjungi kantor. Pensiunan juga akan lebih mudah menggunakannya karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

3. Menjaga Keamanan Data

Fungsi selanjutnya dari layanan online ini yaitu untuk menjaga keamanan data dari para pensiun. Dengan menggunakan aplikasi, data bisa langsung disimpan oleh pusat. Hal ini akan meminimalisir kesalahan operasional jika memasukkan data secara manual.

4. Proses Pembayaran Lebih Cepat

Pencairan dana juga akan lebih cepat jika selesai melakukan proses otentikasi. Hal ini karena aplikasi Taspen Otentikasi memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bisa dilakukan secara real time sehingga proses pelayanan seluruh pensiunan ASN dapat lebih cepat.

Kekurangan Aplikasi Taspen Otentikasi

Kekurangan-Aplikasi-Taspen-Otentikasi

Meskipun memiliki berbagai fungsi yang memudahkan penggunanya, aplikasi Taspen Otentikasi juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Bagi pensiunan yang sudah lanjut usia, sulit untuk menerapkannya sehingga perlu dibantu oleh orang yang ahli dalam menggunakan perangkat seluler.
  • Banyak pensiunan yang tidak memiliki Hp sehingga kurang pandai untuk mengoperasikannya. Namun, Taspen memberikan solusi bagi pensiunan yang tidak punya Hp yaitu bisa langsung mendatangi kantor cabang.
  • Sering gagal melakukan otentikasi karena faktor koneksi tidak stabil, Hp tidak mendukung serta bisa saja karena pensiunan yang tidak terlalu paham teknologi. Jika sudah memeriksa koneksi dan sudah mengikuti petunjuk tetapi masih gagal, kamu bisa langsung menghubungi kantor cabang Taspen terdekat.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Otentikasi

Hal-yang-Perlu-Diketahui-Sebelum-Lakukan-Otentikasi.jpg_large

Aplikasi Taspen Otentikasi perlu digunakan secara hati-hati karena memuat data penting di dalamnya. Oleh sebab itu, penggunaannya tidak boleh sembarangan agar data pribadi kamu tidak bocor.

Selain itu, data yang salah dimasukkan akan membuat gagal atau tidak valid. Oleh karena itu, lakukan hal-hal berikut terlebih dahulu sebelum melakukan otentikasi:

1. Telah Melakukan Perekaman Data di Kantor Cabang

Sebelum kamu menggunakan aplikasi ini, harus sudah melakukan perekaman data biometric terlebih dahulu. Silahkan untuk melakukannya di kantor cabang Taspen terdekat.

Perekaman ini atau enrolment ini akan berguna sebagai verifikasi data dan supaya bisa valid nantinya ketika menggunakan aplikasi ini.

Perekaman tersebut yaitu melalui wajah yang ditangkap kamera, sidik jari, sampai dengan suara sehingga lebih valid.

Selain ke kantor cabang, kamu juga bisa melakukannya lewat mitra bayar taspen. Enrolment ini wajib dilakukan agar bisa melakukan otentikasi selanjutnya di aplikasi Taspen.

2. Penerangan Jelas

Dalam melakukan proses otentikasi, perlu perekaman wajah yang jelas agar mudah dideteksi. Oleh sebab itu, faktor pencahayaan sangat penting. Sebelumnya, pilih ruangan yang terang atau cukup sehingga wajah bisa terlihat jelas di aplikasi Taspen Otentikasi tersebut.

Dengan demikian, tidak akan terjadi kesalahan yang fatal atau gagal dalam melakukan otentikasi. Minta juga bantuan dari anak jika kamu tidak terlalu paham dengan penggunaan aplikasi ini.

Pasalnya, banyak yang harus gagal berkali-kali karena identifikasi wajah yang sulit terbaca oleh aplikasi. Ada juga yang tidak bisa melanjutkan ke proses selanjutnya karena masalah ini.

Untuk menghemat waktu, maka lakukan otentikasi di tempat yang terang dan arahkan kamera tepat pada posisi wajah.

3. Koneksi Internet Harus Stabil

Hal yang perlu dilakukan sebelumnya yang tak kalah penting adalah menyiapkan koneksi internet yang stabil. Aplikasi Taspen Otentikasi membutuhkan koneksi internet agar bisa menggunakannya.

Oleh sebab itu, jika koneksi tidak berjalan lancar maka ada kemungkinan prosesnya gagal sehingga harus mengulang dari awal lagi. Semua data yang dikirimkan harus membutuhkan internet karena dikirim online sehingga kamu harus menyiapkannya dengan baik.

Jika paket data mengalami masalah koneksi, lebih baik untuk memindahkannya ke WiFi supaya jaringan stabil. Begitu juga sebaliknya, jika WiFI tidak stabil, kamu harus menggantinya ke paket data agar tidak mengalami loading yang lama.

4. Pakai Hp yang Tepat

Perangkat seluler yang kamu gunakan juga berpengaruh pada performa aplikasi. Gunakan Hp yang tepat yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi Taspen Otentikasi. Dengan demikian, aplikasi mampu berjalan dengan baik dan lancar.

Spesifikasi minimum OS yang dibutuhkan harus dipenuhi agar tidak mengalami gangguan dan masalah nantinya.

5. Melakukan Pelaporan Apabila Pensiunan Meninggal

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah perlu ada pelaporan jika ternyata pensiunan tersebut telah meninggal dunia. Selain itu, laporkan pula jika anak tertunjang telah bekerja atau menikah.

Pelaporan tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang secara langsung.

Selain itu, bisa pula melalui Mitra Bayar yang ada. Jika sampai tidak dilaporkan maka kelebihan dana pensiun tersebut akan ditagih oleh pihak Taspen sehingga harus mengembalikan dana yang lebih tersebut.

Kapan Melakukan Otentikasi?

Otentikasi ini tidak hanya dilakukan sekali, tetapi harus secara berkala. Kapan waktunya adalah sebagai berikut:

  • Untuk penerima tunjangan Veteran dan dana kehormatan: Otentikasi sebulan sekali.
  • Untuk penerima pensiun yang tidak punya ahli waris: Otentikasi 2 bulan sekali.
  • Untuk penerima pensiun yang masih punya ahli waris: Otentikasi dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Melakukan Otentikasi?

Jika pensiunan tidak melakukan otentikasi, ini akan berdampak pada pencairan dana pensiun. Dana tersebut bisa dihentikan sementara jika tidak melakukan otentikasi selama 3 bulan sesuai dari jadwal yang ditentukan.

Cara Otentikasi yang Benar

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi ini. Kamu juga perlu tahu cara otentikasi yang benar ketika menggunakan aplikasi Taspen Otentikasi. Ikuti langkah-langkah berikut agar berhasil melakukan otentikasi.

  • Unduh aplikasi Taspen Otentikasi terlebih dahulu sesuai dengan link yang diberikan dalam artikel ini. Setelah berhasil, buka aplikasinya.
  • Akan muncul notifikasi atau pemberitahuan tentang izin akses aplikasi ke perangkat kamu. Klik Izinkan agar bisa menautkan kamera dan file lainnya.
  • Selanjutnya, muncul halaman login. Silahkan masukkan Nomor Taspen yang tertera di kolom NOTAS.
  • Periksa kembali apakah sudah benar, jika sudah klik Otentikasi.
  • Aplikasi akan melanjutkan dengan pemindaian wajah menggunakan kamera ponsel kamu. Arahkan Hp ke wajah dengan tepat. Wajah harus masuk semua ke bingkai yang ada.
  • Selanjutnya, lakukan perintah yang diminta aplikasi. Ikuti gerakan yang diminta. Gerakan tersebut yaitu menggeleng, mengangguk, dan mengucapkan A. Atau bisa juga dengan mengedipkan mata. Ikuti sesuai instruksi agar berhasil.
Cara-Otentikasi-yang-Benar
  • Setelah selesai, data tersebut otomatis akan diproses atau melakukan update. Pastikan koneksi internet lancar supaya bisa berhasil melakukannya.
  • Namun, jika tertulis gagal, kamu harus mengulang langkah-langkahnya seperti di atas kembali.

Aplikasi ini hanya digunakan untuk otentikasi Taspen. Jadi, apabila sudah berhasil, secara otomatis akan logout dari aplikasi ini dan tidak perlu mendaftarkannya lagi.

Penyebab dan Cara Atasi Otentikasi Taspen Gagal

Penyebab-dan-Cara-Atasi-Otentikasi-Taspen-Gagal

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa aplikasi Otentikasi Taspen sering mengalami error dan gagal.

1. Traffic Tinggi

Penyebab ini bisa terjadi di aplikasi manapun. Traffic yang tinggi akan membuat aplikasi membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya.

Oleh sebab itu, banyak yang mengalami gagal melakukan otentikasi. Solusinya adalah pensiunan perlu melakukannya jauh-jauh hari sebelum awal bulan agar pengguna yang memakai aplikasi ini lebih sedikit.

Berbeda jika menggunakannya di waktu mendekati awal bulan, pasti banyak pengguna yang memakainya sehingga aplikasi menjadi lemot.

2. Error Pada Sistem

Penyebab lainnya dari aplikasi Otentikasi Taspen error yaitu karena bisa berasal dari sistemnya itu sendiri. Terkadang, aplikasi ini mengalami sistem error sehingga tidak bisa dipakai dan gagal terus.

Solusinya adalah dapat langsung pergi ke kantor cabang dan meminta tolong untuk membantu dalam melakukan otentikasi. Petugas kemudian akan membantu kamu dengan baik sehingga otentikasi berhasil.

3. Perangkat Ponsel Tidak Mendukung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kegagalan otentikasi bisa karena Hp yang tidak mendukung. Untuk menggunakan aplikasi ini harus ada persyaratan minimal.

Untuk pengguna Android yaitu minimalnya versi 5.1.1 sedangkan bagi pengguna sistem IOS minimalnya adalah 9.0+.

Selain itu, dibutuhkan juga fitur mikrofon yang ditautkan ke aplikasi serta harus memiliki kamera dengan kualitas minimal 8 MP. Jika kurang dari itu, saat proses otentikasi wajah menjadi tidak jelas atau blur sehingga akan mengalami kegagalan.

Link Download Taspen Otentikasi

Link-Download-Taspen-Otentikasi

Untuk memudahkan kamu untuk mendownload aplikasi Taspen Otentikasi, maka akan diberikan link download yang bisa diunduh melalui ponsel tipe Android dan IOS. Ada dua link yang tersedia sesuai dengan tipe dari perangkat Hp kamu. Berikut adalah link downloadnya:

1. Khusus Untuk Pengguna Android

Aplikasi Taspen Otentikasi sebenarnya tersedia di Google Play Store. Namun, kamu harus mencarinya sehingga kurang praktis. Jadi, langsung saja klik link berikut agar lebih cepat menuju ke unduhan aplikasi.

Setelah klik link berikut, kamu akan dialihkan ke aplikasinya. Kemudian, untuk mendownloadnya tinggal klik download. Berikut link untuk Android:

2. Khusus Untuk Pengguna IOS

Tidak hanya untuk pengguna Android, bagi yang menggunakan sistem IOS juga bisa melakukan pengunduhan aplikasi ini. Untuk pengguna IOS, kamu bisa mencarinya di App Store yang ada atau bisa langsung klik link di bawah ini:

Cara Cek Saldo Taspen

Cara-Cek-Saldo-Taspen

Setelah melakukan otentikasi dan sudah cair gaji atau dana pensiunan, kamu bisa mengecek saldonya melalui aplikasi lain yaitu Mobile Taspen. Cara ini lebih mudah karena saldo kamu bisa langsung diketahui.

Taspen membuat aplikasi lain yang dinamakan dengan Mobile Taspen yang memang ditujukan bagi peserta Taspen untuk melihat saldo sampai dengan perhitungan estimasinya. Berikut adalah cara cek saldo Taspen melalui aplikasi Mobile Taspen:

  • Install dulu aplikasi Mobile Taspen yang ada di Google Play Store.
  • Setelah berhasil terinstall, buka aplikasinya dan klik SIMULASI.
  • Nantinya, kamu bisa melihat ada dua menu yang tersedia, yaitu ESTIMASI TMT BUP dan ESTIMASI TMT Bulan ini.
  • Klik yang ESTIMASI TMT BUP.
  • Selanjutnya, masukkan NIP atau Nomor Induk Pegawai. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan nomor KPE.
  • Setelah itu, akan muncul saldo Tabungan Hari Tua serta dana pensiunnya yang mudah.

Namun, informasi saldo tersebut bisa saja berubah karena ini masih berupa estimasi. Perubahan ini bergantung dari gaji pokoknya yang sewaktu-waktu bisa berubah. Misalnya, jika terjadi kenaikan jabatan, maka tentu saja saldo dana pensiun bisa berubah.

Aplikasi Pelayanan Taspen Lainnya

Aplikasi-Pelayanan-Taspen-Lainnya

Selain ada Mobile Taspen dan aplikasi Taspen Otentikasi, ada berbagai layanan digital lain yang diberikan oleh Taspen. Contohnya adalah TASPEN PESONA yaitu layanan online untuk memberikan pelayanan seperti berikut:

  • TOSS (Taspen One Hour Online Service)
  • Layanan E-Klim untuk mengajukan klaim.
  • Tcare untuk mengajukan pertanyaan sampai dengan keluhan.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara kerja aplikasi Taspen Otentikasi yang memiliki banyak manfaat bagi para pensiunan. Silahkan untuk mendownloadnya menggunakan link di atas dan kamu bisa memakainya untuk pencairan gaji pensiunan tiap bulan dengan mudah.

Baca Juga:

Game Penghasil Saldo DANA Tercepat 2022 + Apk Download

Apk Penghasil Uang 100 Ribu Perhari & Terbukti Membayar

Daftar Aplikasi Penghasil Uang Resmi Dari Pemerintah 2022

Aplikasi Penghasil Pulsa Terbaru 2022 Tercepat & Aman

Aplikasi Penghasil Saldo Dana Terbukti Cepat Membayar 2022

Leave a Comment