Cek Penerimaan Bansos PKH Praktis Hanya Lewat Hp!

Kamu sudah tau gimana cara untuk cek penerimaan Bansos PKH 2022? Kalau belum tau, simak saja langsung pembahasan tutorial yang ada disini secara lengkap.

Pandemi Covid-19 ini memang sudah terjadi selama kurang lebih 2 tahun, ya gengs di negara Indonesia.

Nah, karena pandemi yang terjadi sekarang ini tuh, semua sektor-sektor kehidupan terganggu gitu kan.

Mulai dari sektor pendidikan, pemerintahan dan bahkan sektor ekonomi juga ikut terganggu ya gengs.

Kalau bisa kita bilang kan sektor ekonomi ini tuh jadi sektor yang paling penting untuk kehidupan. Bener ga nih?

Nah, untuk ngatasin masalah yang terjadi sekarang ini, pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan gengs.

Salah satu bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat Indonesia ini adalah bansos PKH.

Dengan adanya bantuan PKH ini diharapkan masyarakat bisa terbantu dan bisa memenuhi kebutuhannya.

Tapi gengs, sekarang ini masih banyak yang belum tau gimana cara untuk bisa cek bantuan ini.

Maksudnya cek penerima dari bantuan PKH ini, apakah kamu juga salah satunya?

Kalau iya, berarti kita langsung aja yuk masuk ke dalam pembahasannya sekarang juga, capcus!

Penjelasan Tentang Program Bansos PKH

Program Bansos PKH

Nah, sebelum masuk ke pembahasan intinya, yaitu gimana cara untuk cek penerimaan bantuan sosial PKH, simak dulu pembahasan yang disini.

Jadi disini mimin Cirikhas.com/app bakalan kasih ke kamu informasi tentang pembahasan program PKH ini.

Mungkin memang udah banyak yang tau, tapikan engga menutup kemungkinan masih ada aja yang kurang paham.

Oke kalau gitu, Bansos PKH ini adalah singkatan dari bantuan sosial Program Keluarga Harapan.

Yang mana program bantuan sosial ini akan diberikan kepada keluarga yang kurang mampu gengs.

Program PKH ini tuh disalurkan oleh pemerintah secara bertahap yang mana berkurun waktu tiga bulan sekali gengs.

Nah,di bulan April ini, bansos PKH udah masuk ke tahap kedua ya gengs dan tahap pertamanya udah disalurkan bulan Maret lalu.

Untuk pembahasan yang lebih lanjutnya tentang bantuan yang satu ini, maka kamu harus simak dulu penjelasan selanjutnya.

Pihak-Pihak yang Berhak Menerima Bantuan PKH dan Besarannya

Cek Penerimaan Bansos PKH

Kan tadi mimin di atas udah sempet bilang kalau yang berhak menerima bantuan sosial ini adalah keluarga kurang mampu.

Nah, disini mimin mau jelasin hal yang ini lebih detail ya gengs, biar kamunya juga makin paham.

Jadi yang berhak menerima bantuan sosial PKH ini adalah keluarga yang tidak mampu dan memiliki anggota keluarga seperti ibu hamil dan anak dibawah umur.

Terus anak-anak yang masih mengenyam bangku pendidikan mulai dari SD sampai SMA, lansia dan penyandang disabilitas gengs.

Penjelasan yang lebih rinci ada di bawah ini.

  • Ibu hamil yang maksimal dua kali kehamilan akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3 juta/ tahun.
  • Anak di bawah umur 6 tahun dan maksimal dua orang akan dapat bantuan sebesar Rp3 juta/ tahun.
  • Anak yang masih sekolah mulai dari SD sampai SMA dan berusia 6 sampai 21 tahun.
  • Lansia akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta/ tahun.
  • Penyandang disabilitas akan mendapatkan bantuan Rp2,4 juta/tahun.

Jadi penjelasan di atas ini bisa dibilang kriteria pihak atau keluarga yang berhak mendapatkan bantuan apabila memiliki anggota keluarga yang seperti di atas.

Gimana? Kamu udah paham kan gengs? Lanjut ke pembahasan yang selanjutnya lagi ya. Yuk!

Poin-Poin yang Ingin Dicapai dari Program PKH

Cek Penerimaan Bansos PKH

Dari setiap kegiatan yang dilakuin kan pastinya ada tujuan yang mau dicapai ya gengs, sama aja kayak program PKH ini.

Pemerintah menyalurkan bantuan sosial PKH ini juga memiliki tujuan yang pada intinya meringankan beban keluarga penerima gengs.

Biar kamu makin paham, mimin juga bakalan bantuin jelasin ke kamu deh apa aja poin-poin yang ingin dicapai oleh pemerintah.

Pertama, pemerintah ingin ningkatin taraf kehidupan mulai dari pendidikan, kesehatan, dan juga kesejahteraan sosialnya.

Kedua, pemerintah ingin mengurangi kemiskinan yang terjadi di masyarakat Indonesia gengs.

Bantuan sosial PKH ini juga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dari keluarga penerima dan mengurangi beban yang ada.

Pemerintah juga berharap keluarga penerima bantuan sosial ini bisa mengubah perilaku dan mendorong kemandirian.

Banyak banget kan ya poin-poin yang ingin dicapai dari bantuan sosial PKH ini? Semoga bisa bermanfaat ya gengs.

Panduan Untuk Cek Penerimaan Bansos PKH yang Mudah dan Hanya Menggunakan Smartphone

Udah ngeliat kan ya pembahasan tentang bantuan sosial PKH yang satu ini? Sekarang saatnya kamu menyimak pembahasan intinya.

Pembahasan ini tuh pastinya ditunggu-tunggu banget kan sama para pembaca Cirikhas.com/app? Hehehe.

Oke deh, disini mimin mau kasih ke kamu cara cek penerima bantuan sosial PKH lewat aplikasi dan juga situs resminya.

Mudah banget kok, cuma lewat handphone aja, kamu udah bisa cek penerimanya, jadi engga perlu keluar rumah lagi kan.

Oke langsung langkah-langkahnya aja ya gengs, yuk deh langsung cuss!

1. Cara Cek PKH Lewat Hp di Aplikasi Cek Bansos

Cek Penerimaan Bansos PKH

Pertama, kamu akan bisa mengecek penerimaan bansos PKH ini lewat aplikasi Cek Bansos gengs.

Aplikasi ini bisa kamu download dengan mudah dan juga gratis kok karena kan udah ada di Google Play Store.

Jadinya kamu engga akan kesusahan lagi deh untuk nyari-nyari aplikasinya, gimana engga repot kan?

Cara ceknya juga mudah banget, kamu cuma tinggal dirumah aja dan buka handphone deh, hehehe.

  1. Kalau aplikasinya Cek Bansos sudah didownload, langsung buka aplikasinya.aplikasi cek bansos
  2. Udah gitu klik “Buat Akun Baru” dan isi langsung aja data-data yang diperluin KTP, KK dan lainnya.Buat Akun Baru
  3. Kamu juga harus unggah “Swafoto dengan KTP” seperti yang diinstruksikan di aplikasinya.
  4. Kalau udah selesai semuanya, nanti aplikasi bisa langsung diakses gengs.
  5. Untuk cek bansos, kamu “Login” ke aplikasi pakai username dan kata sandi yang tadi.
  6. Klik menu “Cek Bansos” terus kamu isi deh data-data sesuai perintah.
  7. Pilih “Cari data” dan nanti data penerima bansos akan ditampilkan.

2. Cara Cek Penerima Bansos Via Situs Resmi Bansos PKH

Cara Cek Penerima Bansos Via Situs Resmi Bansos PKH

Selain pakai aplikasi, kamu juga bisa kok gunain situs Bansos yang resmi dari pemerintah langsung gengs.

Kan mungkin handphone kamu engga cukup ruang atau kamu malas download aplikasinya, bisa pakai situs juga ya.

Caranya juga engga susah dan hampir sama sebenernya cara ceknya dengan yang di aplikasi.

Kalau gitu langsung deh di bawah ini langkah-langkah yang bisa dilakuin untuk cek bansos.

  1. Buka browser dan masuk ke “cekbansos.kemensos.go.id”.
  2. Kamu bisa “Isi data” sesuai dengan KTP di kolom yang tersedia.
  3. Masukkan juga “8 kode” yang sesuai dengan kode di kotaknya tersebut.
  4. Kalau udah selesai, klik “Cari Data”.
  5. Nantinya daftar nama penerima akan ditunjukkan gengs.

Gimana? Kamu mau coba pakai aplikasi atau situs resminya aja? Dua-duanya sama mudahnya kok gengs.

Link Download Aplikasi Cek Bansos Yang Resmi

Download Aplikasi Cek Bansos

Karena aplikasi ini resmi, Maka kamu bisa unduh melalui playstore atau appstore dengan mudah dan aman melalui “link unduh aplikasi cek bansos playstore“, Atau kamu juga bisa melalui appstore jika menggunakan IOS.

Apabila tidak memiliki playstore dan appstore di handphone, Sebaiknya unduh file apk melalui situs yang menyediakannya, Namun untuk hal ini kamu perlu instal secara manual.

Baca Juga :

By : Cirikhas.com/app

Leave a Comment