Cara Menjual NFT Di OpenSea Gratis Tanpa Biaya

Cara Menjual NFT Di OpenSea adalah salah satu topik yang seringkali dibahas di kalangan investor Cryptocurrency. Alasannya tentu saja karena OpenSea adalah marketplace NFT terbesar di dunia.

Penyebaran tren NFT di Indonesia dan dunia kini membuat masyarakat semakin sadar akan potensi uang yang dihasilkannya. Kalian dapat melihat bukti nyatanya di NFT Ghozali Everyday yang hanya dibanderol Rp. 12 miliar hanya dengan mengunggah foto selfie di OpenSea saja.

Seperti kasus Ghozali Everyday mungkin merupakan indikasi bahwa kalian dapat menjual apa pun di marketplace NFT seperti OpenSea. Tapi ingat bahwa “segala sesuatu” yang dijual harus memiliki nilai, baik itu seni atau keunikan, untuk memiliki harga jual yang tinggi.

Tertarik untuk menjual karya seni kalian di marketplace NFT? Maka kalian tidak perlu khawatir lagi ya. Karena pada artikel ini cirikhas.com/app akan menjelaskan secara detail bagaimana cara menjual NFT di OpenSea.

Sekilas mengenai NFT

cara menjual nft di opensea

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token, yang adalah salah satu aset digital yang ada di dalam mata cryptocurrency atau kripto. NFT dapat dikatakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan menggunakan mata uang cryptocurrency atau kripto seperti Ethereum.

Tidak semua barang dapat diperdagangkan atau ditransaksikan dalam format NFT, umumnya hanya barang dalam format JPG, PNG, MP4 atau GIF yang dapat diperdagangkan atau ditransaksikan.

Siapapun bisa melakukan transaksi NFT termasuk kalian. Terdapat sebuah platform yang dapat kalian gunakan untuk transaksi NFT dan itu adalah OpenSea. OpenSea.io ini sendiri adalah salah satu marketplace jual beli NFT terbesar.

Apa Itu Opensea?

cara menjual nft di opensea

Bagi kalian yang belum paham, OpenSea ini adalah sebuah platform jual beli seperti Tokopedia, hanya produk yang diperdagangkan adalah aset digital yang dilindungi oleh blockchain.

OpenSea ini sendiri adalah market NFT pertama dan terbesar di dunia. Sudah ada lebih dari 300.000 ribu pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT yang terdapat di marketplace OpenSea ini.

Dari nama domain, karya seni hingga Cryptokitties, semua aset digital dapat kalian perdagangkan melalui platform ini. Volume transaksi di OpenSea tercatat sudah melebihi 4 miliar dollar lho?

Sebagian besar para pengunjung OpenSea menggunakan mata uang cryptocurrency atau kripto Ethereum untuk bertransaksi. Namun, OpenSea juga telah menawarkan token pembayaran lainnya, seperti $UNI dan $WHALE.

Kalian juga perlu menghubungkan akun wallet kalian untuk dapat menukar mata uang USD ke mata uang kripto pilihan kalian. Salah satunya adalah MetaMask yang kami bahas sebelumnya.

Nah, tentu saja untuk menjual NFT kalian harus membuat NFT kalian sendiri terlebih dahulu. Untuk cara lengkapnya sudah pernah dibahas oleh Jaka di artikel berikut ini lho.

Cara Menjual NFT Di OpenSea Dengan Gratis Tanpa Gas Fee

cara menjual nft di opensea

Seperti diketahui, untuk bisa menjual NFT di OpenSea melalui blockchain Etherium, diperlukan biaya biaya gas atau gas fee. Lalu bagaimanakah cara menjualnya dengan gratis?

  • Pada langkah pertama, pastikan kalian sudah mempunyai akun MetaMask atau wallet lain yang bisa menampung ETH.
  • Setelah itu buka situs web OpenSea.io lalu klik Buat atau Create.
  • Pilih wallet yang akan kalian gunakan untuk menyimpan hasil penjualan NFT.
  • Kemudian, masukkan NFT yang ingin kalian jual (foto, video, audio atau karya 3D).
  • Isi nama, deskripsi, supply dan berbagai macam informasi lainnya yang diperlukan.
  • Sekarang di bagian Blockchain, ubah Etherium menjadi Polygon.
  • Kemudian klik Buat atau Create.
  • Klik tombol Jual atau Sell untuk menjualnya dan kemudian atur harga dalam bentuk ETH dan jangka waktu untuk menjualnya
  • Terakhir, klik Daftar Lengkap atau Complete Listing.

Setelah itu, maka kalian pun akan berhasil memperdagangkan NFT kalian di OpenSea tanpa biaya gas fee. Selanjutnya, yang harus kalian lakukan adalah menunggu NFT kalian laku terjual. Saldo penjualan langsung masuk ke wallet kalian.

Kalian pun harus tahu bahwa OpenSea akan tetap dikenakan biaya 2,5 persen dari keuntungan meskipun gratis. Setelah NFT kalian laku terjual di OpenSea, maka kalianakan dikenakan biaya fee.

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Menjual NFT Di OpenSea?

cara menjual nft di opensea

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, ada 2 biaya yang harus kalian bayarkan sebelum dapat menjual NFT kalian di marketplace, yaitu biaya layanan dan royalti pencipta. Perlu dicatat bahwa biayanya dibayarkan dalam Ethereum. Oleh karena itu, harganya bervariasi sesuai dengan nilai tukar dolar AS.

Seperti halnya percetakan atau dapat disebut dengan minting, 2 biaya ini juga harus melalui blockchain Ethereum, jadi diperlukan energi ataupun tenaga untuk melakukannya. Sebagai kompensasi untuk energi listrik dan sumber daya yang digunakan, biaya gas fee ini juga harus dibayar. Saat ini, biaya transaksi awal di mulai dari 70 sampai 300 dollar AS.

Sedangkan transaksi kedua memipunyai biaya yang lebih murah, yaitu dari 10 sampai 30 dollar AS. Biaya ini tergantung pada tingkat gas fee nya, yang berubah setiap hari. Idealnya, kalian pun harus mencari hari-hari ketika tarif gas fee kurang dari 100 dollar AS untuk menginisialisasi wallet.

Ini memungkinkan kalian untuk menghemat biaya tambahan. Sebenarnya, ada cara untuk menjual NFT gratis di OpenSea tanpa membayar biaya gas fee dan itu melalui marketplace bernama Polygon, yang juga dikembangkan oleh OpenSea.

Cara Membuat Collection Di Polygon

cara menjual nft di opensea
  • Kalian klik ikon profil OpenSea di sudut kanan atas.
  • Setelah itu kalian klik pada “My Collection” dan kemudian pada “Create A Collection“.
  • Lalu kalian masukkan logo, deskripsi, spanduk, link media sosial, dan setel royalti kalian.
  • Di sini kalian pun dapat memilih blockchain untuk membuat NFT. Pilih “Ploygon“.
  • Dan kalian pun sekarang sudah dapat membuat NFT setelah membuat collection.

Cara Membuat NFT Di Polygon

cara menjual nft di opensea
  • Sekarang setelah kalian sudah mengetahu membuat colletion, maka kalian siap untuk mulai membuat NFT. Klik Add Item di pojokl kanan atas.
  • Kemudian unggah karya milik kalian (gambar, video, audio atau animasi, ukuran maksimal 100 MB) dan isi semua kolom yang tersedia.
  • Ada manfaat yang bisa kalian dapatkan dari membuat NFT di Polygon. Kalian juga dapat minting karya kalian dengan meningkatkan jumlah “Penawaran atau Supply“.
  • Selanjutnya kalian mengisi semua informasi yang diperlukan, klik tombol “Buat atau Create” untuk membuat NFT.
  • NFT gratis gas fee pertama kalian di Polygon telah selesai.

Cara Menjual Melalui Polygon

cara menjual nft di opensea
  • Arahkan ke NFT yang ingin kalian jual dan pilih “Jual” di sudut kanan atas.
  • Kemudian kalian tetapkan harga jualnya, mata uang dan biaya potensial.
  • Setelah itu pilih “Daftar Lengkap“.
  • Klik “Sign” dan tanda tangani transaksi.
  • Selesai.
  • Kalian akan melihat pesan yang mengatakan “NFT kalian terdaftar” dan kalian pun dapat menyalin link di mana saja untuk meningkatkan visibilitas.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Cara Menjual NFT Di OpenSea Gratis Tanpa Biaya ini. Mudah-mudahan penjelasan yang sudah kami berikan ini sangat bermanfaat dan berguna untuk kalian semuannya ya.

Download Juga: Cara Setting APN XL 4G Tercepat & Stabil 2021

Dan jangan lupa juga untuk terus mengikuti website kami ini, karena kami akan memberikan kalian artikel-artikel yang menarik, berkualitas dan pastinya terbaru buat pembaca setia website kami ini. Sekian dan terima kasih

Leave a Comment