Cara Daftar UMKM Dan Syaratnya, Kapan Cairnya Lagi?

Untuk kamu yang punya usaha mikro, kecil dan menengah, pastinya kamu sedang mencari informasi tentang Cara Daftar UMKM. Bener ga nih guys?

Kalau memang benar, sini deh karena disini mimin bakalan kasih informasi tentang gimana cara daftarnya.

Memang ya semua sektor di Indonesia semenjak pandemi ini keganggu, apalagi untuk sektor ekonominya.

Pastinya kalau sektor yang satu ini keganggu, UMKM ini lah yang kena dampaknya juga, bener kan ya guys?

Tapi jangan khawatir deh, karena sekarang kamu bisa banget ngelakuin hal-hal yang bisa ngebantu UMKM kamu.

Pemerintah juga udah ngeluarin program yang mana itu bisa kamu lakuin untuk ngebantu usaha yang kamu punya.

Bantuan UMKM ini memang salah satu program yang udah dijalanin sama pemerintah untuk ngebantu usaha mikro, kecil, dan menengah ini.

Jadi, untuk kamu yang punya usaha UMKM ini, kamu bisa banget untuk ikut daftarin usaha kamu ya guys.

Langsung aja deh, mimin bakalan kasih informasinya tanpa makan waktu yang lama, ya.

Manfaat Adanya BLT UMKM

Di lansir dari bonline UMKM itu sendiri adalah singkatan yang memiliki kepanjangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah guys.

Terus yang masuk ke usaha mikro, kecil, dan menengah itu apa ya min?

Jadi, usaha-usaha yang masuk ke UMKM ini tuh usaha yang dikelola sama perorangan atau badan gitu yang masuknya ke usaha kreatif gitu.

Nah, kan karena adanya pandemi ini, UMKM ini terganggu karena daya beli dari usahanya itu menurun ya mungkin diakibatin dari ekonomi yang turun.

Terus juga mungkin karena semua hal terhambat karena adanya PPKM yang diterapkan di beberapa daerah dan lain halnya deh.

Semua itu pada intinya yang buat UMKM ini ngalamin kerugian dan juga kesulitan dan karena ini pemerintah ngadain program BLT UMKM.

Manfaat yang dikasi pemerintah karena adanya BLT UMKM ini tuh untuk nambahin modal berjualan dan nambahin produksi barang baru.

Atau bisa juga untuk ngelebarin usahanya dan diharapin bisa buka lapangan kerja baru yang mana sekarang ini banyak orang kena PHK.

Makanya untuk itu, kalau kamu seorang pelaku usaha kecil, mikro dan menengah ini, bisa daftarin usaha kamu untuk program ini.

Mau tau kan informasi selengkapnya?

Sini deh simak pembahasan yang bakalan mimin bagi di bawah ini, ya guys.

Syarat Umum Dan Dokumen Pendaftaran BLT UMKM

Pastinya program pemerintah ini punya persyaratan yang harus dipenuhi sama pelaku usaha yang mau daftarin usahanya.

Nah, kalau kamu udah punya semua syarat yang diperluin nantinya kamu bisa langsung daftarin usahanya, ya.

Penasaran ga nih apa aja persyaratan yang diperluin?

Oya, di program pemerintah yang satu ini ada dua jenis persayaratan yang bakalan mimin kasih disini, ya.

Disini pertama-tama mimin bakalan kasih informasi dulu tentang syarat umum untuk daftar bantuan UMKM, ya.

  • Harus seorang WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Kamu engga punya profesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD.
  • Punya usaha skala kecil, mikro dan menengah dan harus ada bukti surat calon penerima dari Dinas Koperasi dan UKM daerah kamu.
  • Engga lagi di masa penerima bantuan pinjaman di KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan juga bank.

Kalau di atas ini tuh syarat umumnya sekarang, mimin bakalan kasih informasinya tentang syarat dokumen yang diperluin.

  • Lampirin fotokopi KTP, KK (Kartu Keluarga).
  • Lampiran NIB (Nomor Induk Berusaha).
  • Foto usaha UMKM yang dipunya.
  • Lampirin juga SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) yang dari Dinas Koperasi dan UKM setempat.
  • SKU (Surat Izin Usaha), NIB (Nomor Induk Berusaha), IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil).

Nah, itu deh persyaratan umum dan juga dokumen yang diperluin dan harus disediain supaya bisa daftar UMKM.

Cara Daftar UMKM 2022

Cara Daftar UMKM

Kalau udah punya semua persayarannya sekarang kamu udah bisa deh daftar bantuan UMKM untuk usaha yang kamu punya.

Tapi gimana Cara Daftar UMKM min?

Tenang, jangan khawatir karena disini mimin juga bakalan kasih informasi ke kamu supaya bisa tau gimana cara untuk daftarnya.

Nah, di bawah ini deh ya langkah-langkah yang bisa kamu lakuin supaya bisa daftar UMKM.

Oiya, untuk daftar UMKMnya itu secara online ya guys.

Yuk langsung aja simak langkah-langkahnya, ya.

  • Kamu buka aja situs “oss.go.id”.
  • Kamu bisa “Login” kalau sudah punya akun di OSS.
  • Tapi kalau memang belum punya akun, bisa lakuin dulu “Registrasi”.
  • Kalau udah selesai semuanya, bisa langsung login dan klik aja “Perizinan Perusahaan > Perseorangan”.
  • Lalu, kamu bisa pilih “Pendaftaran NIB” dengan sesuai apa usaha yang dipunya, ya.
  • Kamu bisa “Isi Data” secara lengkap dan bener, ya.
  • Kalau udah selesai isi data, pilih “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Klik lagi “Tambah Usaha” terus isi lagi data yang diperluin dengan benar.
  • Kamu bisa periksa data-data yang udah dimasukin tadi dan kalau udah bener semua pilih “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Untuk jenis usaha yang kecil, bisa ngajuin “izin lokasi dan lingkungan” di formulirnya kalau ada.
  • Periksa lagi datanya, kalau udah centang di “kotak disclaimer” terus klik “proses NIB”.
  • Selesai.

Baca Juga : SnapTik – Download Video TikTok No Watermark 2022

Oya, untuk pelaku usaha yang punya tempat domisili beda sama domisili usaha harus ngasih lampiran SKU (Surat Keterangan Usaha), ya guys jangan lupa.

Leave a Comment