Begini Cara Daftar BPUM BRI Online & Offline Tahap 3 1,2 Juta

Berbagai jenis bantuan seperti BPUM yang dikerahkan oleh pemerintah di masa pandemi, memang memberikan dampak yang positif bagi banyak orang. Tapi sebelum menerima bantuan tersebut, sobat perlu mengetahui lebih dulu tentang cara daftar BPUM BRI online beserta syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan.

Dimulai sejak awal tahun 2020, pandemi cukup menimbulkan dampak yang sangat besar terhadap banyak hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Dimulai dari beraktifitas, bekerja, sampai dengan kerugian yang dialami oleh pelaku usaha yang terkena imbasnya sebab pandemi yang melanda.

Dengan ini pemerintah selalu berusaha sekeras mungkin, agar masalah-masalah yang cukup merugikan banyak orang ini dapat diminimalisir. Tepatnya untuk pelaku usaha di Indonesia, kini pemerintah menciptakan suatu program yang bernama Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dengan biaya bantuan sebesar 1,2 juta.

Ketahui Yang Dimaksud Dengan BPUM

Ketahui Yang Dimaksud Dengan BPUM

Sebelum kita lanjut ke dalam pembahasan cara daftar BPUM BRI online 2022, mungkin akan lebih baik jika sobat mengerti tentang apa yang dimaksud dengan BPUM. Pasalnya hal semacam ini cukup penting, sebab sobat juga lah yang akan menerima bantuan dari program ini.

BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) merupakan suatu program dari pemerintah, yang bertujuan untuk membantu keuangan pada suatu usaha yang terkena dampak penurunan pendapatan akibat pandemi.

Jenis bantuan yang dibagikan oleh program ini berupa uang tunai yang masing-masing pelaku usaha akan mendapatkan uang sebesar 1,2 juta. Tentu dana bantuan yang sebanyak itu akan memberikan tren yang positif, agar usaha yang didirikan oleh semua orang tidak cepat padam.

Menargetkan 12,8 juta pelaku usaha yang harus mendapatkan bantuan, kini pemerintah sudah menyediakan anggaran sebesar 15,3 triliun. Angka yang besar untuk diadakannya suatu program, sehingga hal ini akan menjamin kestabilan usaha yang dibuat oleh semua orang di wilayah indonesia.

Beberapa Syarat Untuk Menerima Bantuan BPUM BRI Tahap 3

Beberapa Syarat Untuk Menerima Bantuan BPUM BRI Tahap 3

Tidak jauh berbeda dengan beberapa jenis bantuan sebelumnya, jadi pada program BPUM ini juga sobat perlu menyiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu. Dan melengkapi persyaratan ini sangat wajib, karena data-data penting sebagai identitas sobat harus dikumpulkan oleh pemerintah.

Terkadang untuk syarat-syarat semacam ini seringkali diabaikan oleh pelaku usaha, sehingga bantuan inipun tidak bisa dimanfaatkannya. Adapun beberapa persyaratan yang harus sobat pahami tersebut, disini sobat dapat mengetahuinya melalui daftar yang tersaji sebagai berikut.

  • Menjadi bagian dari Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki Kartu Identitas Penduduk Elektronik (E-KTP).
  • Para pelaku usaha UMKM sebelumnya tidak pernah menerima BPUM.
  • Pelaku usaha tidak sedang memanfaatkan bantuan Kredit Usaha Rakyat di Bank.
  • Tidak termasuk dalam bagian anggota TNI/Polsri, Aparatur Sipil Negara, maupun bagian dari pegawai BPUM itu sendiri.
  • Menyerahkan SKU khusus pelaku usaha yang memiliki KTP dengan alamat yang berbeda.
  • Harus memiliki usaha mikro yang sesuai dengan usulan dari calon penerima BPUM.

Begini Cara Daftar BPUM BRI Offline dan Online 1,2 Juta Tahap 3

Begini Cara Daftar BPUM BRI Offline dan Online 1,2 Juta Tahap 3

Dengan adanya bantuan yang berupa uang tunai, tentunya ini menjadi peluang terbaik yang bisa sobat manfaatkan sebagai pelaku usaha. Sebab hal ini bisa membangkitkan usaha sobat lagi, yang sebelumnya terkena dampak dari pandemi covid-19.

Seperti yang admin katakan sebelumnya, bahwa untuk menerima bantuan uang dari program ini sobat perlu melakukan proses pendaftaran dulu. Dan ada dua pilihan cara pendaftaran yang bisa sobat pilih nanti, yakni dengan cara online dan cara pendaftaran secara offline.

Dari masing-masing cara ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan disini juga admin akan memberikan sebuah tutorialnya. Sehingga sobat sebagai pelaku usaha yang perlu menyimak, dan memahami setiap langkah-langkah yang sudah admin bagikan.

Cara Mendaftar BPUM BRI Secara Online

Disaat semua persyaratan yang dibutuhkan sudah sobat penuhi, maka sobat pun tinggal perlu melakukan proses pendaftarannya. Dan disini sobat bisa memanfaatkan proses daftar BPUM BRI tahap 3 secara online, yang sudah pasti memiliki proses yang lebih cepat dan juga mudah.

Namun tidak sedikit para pelaku usaha yang merasa kesulitan, dan merasa tidak yakin dengan proses pendaftaran yang ia lakukan. Oleh sebab itu sobat bisa memahami caranya dengan benar sekarang, melalui tutorial cara daftar BPUM BRI online yang sebelumnya sudah admin bagikan di bawah ini.

  • Yang pertama itu sobat bisa membuka Browser yang ada di HP sobat.
  • Kunjungi laman https://oss.go.id. dan lakukan proses pendaftaran akun.
  • Silahkan sobat Login dengan akun yang sudah dibuat.
  • Jika sudah sobat lanjut untuk mengklik menu bertuliskan Perizinan Berusaha dan lanjut lagi untuk mengklik opsi Perseorangan.
  • Sobat Tab di bagian Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk mengetahui bahwa sahabat adalah perseorangan dari pelaku usaha.
  • Lengkapi semua isi kolom yang sudah disediakan pada menu proses NIB serta Izin Usaha.
  • Jika semuanya sudah terisi maka sobat bisa lanjut mengklik tombol Simpan dan diakhiri dengan mengklik tombol Lanjutkan.
  • Klik dibagian menu Tambah Usaha yang terletak dibagian Formulir Data Usaha.
  • Silahkan sobat isi seluruh Data yang dibutuhkan dan jika sudah sobat lanjutkan dengan mengklik tombol Simpan dan Selanjutnya.
  • Jangan lupa untuk akses permohonan lokasi dengan cara melengkapi Formulir Komitmen Prasarana Usaha dan akhiri dengan mengklik Selanjutnya.
  • Apabila semua data sudah terisi dengan lengkap, silahkan sobat verifikasi melalui Draft NIB dan juga Izin Usaha.
  • Lanjutkan dengan memberikan tanda centang di bagian kolom Disclaimer dan klik juga di bagian Proses NIB.
  • Untuk memastikan semuanya sudah lengkap sobat bisa mengeceknya pada output NIB, Izin Usaha.
  • Pada menu Preview Izin Usaha sobat bisa mencetak kode QR.

Begini Cara Daftar BPUM BRI Offline

Selain melakukan proses pendaftaran secara online, para pelaku usaha kerja juga bisa melakukan proses pendaftaran BPUM secara offline. Namun memanfaatkan cara yang satu ini bisa dibilang cukup intent, sebab ada beberapa tahapan yang memang perlu diperhatikan dengan benar agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Untuk melakukan tahapan pertama di tahapan pendaftaran offline ini, sobat bisa mengunjungi lalu mendaftarkan diri ke pihak yang berwenang atau dalam hal seperti ini biasanya lebih sering disebut sebagai pengusul.

Pihak-pihak pengusul yang dapat sobat kunjungi ini juga, terdiri dari beberapa lembaga dan disitu sobat tinggal memilih tempat yang sekiranya dekat dengan tempat tinggal sobat. Adapun beberapa pihak pengusul yang admin maksud bisa sobat ketahui dalam daftar yang tersaji sebagai berikut.

  1. Sebuah lembaga koperasi wilayah yang kedudukannya sebagai badan hukum di wilayah tersebut.
  2. Kementerian atau bisa juga sebagai lembaga yang terkait.
  3. Perbankan yang akreditasinya sudah terdaftar di OJK.
  4. Lembaga resmi yang memiliki tugas penyaluran dana bantuan atau kredit UMKM dari pihak pemerintah.
  5. Dinas koperasi usaha mikro yang tersedia di tingkat kota, kabupaten serta tingkat provinsi.

Apabila salah satu lembaga yang admin maksud di atas sudah sobat kunjungi, maka nantinya sobat akan diberikan arahan sebagai proses untuk melakukan pendaftaran. Dan pada tahapan ini juga, terdapat beberapa berkas atau data-data penting yang harus sobat persiapkan dan diserahkan kepada aparat yang berada di lembaga tersebut.

Menyerahkan beberapa data atau dokumen ini bersifat wajib, mengingat seluruh tanggung jawab atas bantuan yang sobat terima nanti di tanggung oleh semua aparat yang ada di lembaga tersebut. Adapun beberapa dokumen yang harus dipenuhi, kini bisa langsung sobat simak dalam daftar berikut.

  1. Menyerahkan nomor KTP atau biasa disebut dengan (Nomor Induk Kependudukan).
  2. Nama lengkap dan juga beberapa identitas yang harus lengkap.
  3. Mengisikan alamat yang sesuai seperti di KTP.
  4. Memberitahu jenis usaha yang dimiliki atau yang sedang dijalani.
  5. Berikan nomor telepon aktif.

Cara Untuk Mengecek Penerima BPUM BRI

Cek Penerima Bantuan Program UMKM

Setelah berbagai proses pendaftaran yang sobat lakukan tadi sudah selesai, maka sobat pun tinggal perlu menunggu hasil yang telah ditetapkan. Untuk melakukan pengecekan terhadap pelaku usaha yang menerima bantuan, disini sobat bisa melakukannya dengan mudah secara online.

Jadi sobat tidak perlu lagi berkunjung dan bertanya-tanya kepada aparat lembaga BPUM, yang dimana hal ini tentu hanya akan menghabiskan waktu. Untuk sebagian orang mungkin hal ini sangat sulit, sebab sebelumnya ia belum pernah melakukan proses pengecekan yang seperti ini.

Umumnya terdapat dua layanan yang bisa sobat kunjungi nanti, dimana kedua layanan tersebut masing-masingnya bisa di akses melalui ponsel sobat. Lantas untuk mengetahui cara yang lebih lengkapnya, maka sekarang juga sobat bisa menyimak dan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Yang pertama itu sobat bisa membuka Browser.
  • Kemudian sobat kunjungi sebuah situs dengan menggunakan laman  .
  • Di tampilan awal, ada sebuah kolom yang perlu sobat isikan dengan Nomor KTP.
  • Silahkan sobat masukan Kode Verifikasi yang saat itu sudah tertera.
  • Pada menu baru silahkan sobat klik opsi Proses Inquiry.
  • Sobat tunggu sebentar, sampai nantinya proses selesai.
  • Dan disitu akan ada pemberitahuan yang berisikan daftar penerima BPUM.
  • Disini sobat tinggal men scroll ke bawah, untuk mencari apakah sobat termasuk dalam pelaku usaha yang mendapatkan bantuan.

Pada tahapan yang ada di atas, sobat melakukan proses pengecekan dengan memanfaatkan situs e-Form BRI. Dan sejatinya masih ada cara lain, yaitu dengan memanfaatkan layanan berupa situs khusus untuk informasi seputar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Untuk tahapan-tahapan sendiri tidaklah jauh berbeda dengan tahapan sebelumnya, yang mana cara melakukan pengecekan dengan layanan ini juga sangat mudah. Adapun buat sobat yang merasa bingung, maka sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi laman banpresbpum.id dan masukan Nomor KTP.
  • Dan selanjut sobat tinggal mengklik tombol Cari untuk mengetahui apakah sobat terdaftar sebagai penerima BPUM.
  • Disaat sobat termasuk dalam penerima bantuan, silahkan sobat melakukan Prosedur Pencarian.

Cara Mencairkan Dana Bantuan Dari Program BPUM BRI

Cara Mencairkan Dana Bantuan Dari Program UMKM BRI

Tahapan akhir ketika sobat masuk dalam daftar penerima bantuan dari program BPUM, tentu mencairkan dana dari hasil bantuan tersebut. Jadi selain harus mengetahui cara daftar BPUM BRI online, sobat juga perlu mengetahui cara mencairkan BLT UMKM 1,2 juta yang sudah dibagikan oleh pihak pusat.

Dengan tahunya sobat dalam melakukan proses pencairan dana BPUM ini, maka sobat nantinya tidak perlu lagi bertanya-tanya kepada orang-orang. Sehingga privasi sobat ketika menerima bantuan seperti ini, tentu akan lebih terjamin dan sobat pun tidak akan dibuat pusing dalam melakukannya.

Nah, untuk melakukan pencairan dana ini juga, nantinya sobat bisa memanfaatkan dua cara yang dapat dilakukan dengan mudah. Karena yang terpenting itu sobat perlu teliti, dalam melakukan setiap langkah-langkah yang memang sudah menjadi prosedur yang ditetapkan sebelumnya.

Proses pencairan dana yang seperti ini mungkin akan lebih mudah lagi, apabila admin memberikan tutorial dalam melakukan setiap langkah-langkah tersebut. Dan admin pun sangat setuju dengan hal ini, jadi sobat semua bisa mengikuti tutorial dalam mencairkan dana BPUM yang sudah tertera di bawah ini.

Dalam melakukan proses pencairan dana juga, setidaknya ada beberapa syarat yang nantinya dapat sobat persiapkan terlebih dahulu. Beberapa syarat tersebut mencangkup data-data penting juga, jadi sobat harus benar-benar teliti dalam membaca dan mempersiapkan seluruh data-datanya.

Dan kali ini juga admin akan memberikan sedikit informasi kepada sobat semua, tentang beberapa persyaratan yang dibutuhkan sobat. Jadi sobat bisa memahaminya dengan benar, supaya persyaratan yang dibutuhkan nantinya bisa dilengkapi dengan benar oleh sobat semua.

  1. Sudah memiliki buku tabungan dan juga kartu ATM.
  2. Mempersiapkan dan membawa identitas pengenal diri seperti KTP.
  3. Membawa surat pernyataan.
  4. Membawa Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau (SPTJM).

Apabila sobat belum memiliki buku tabungan dan ATM, maka sebaiknya sobat dapat membuatnya terlebih dahulu. Dalam membuat buku tabungan dan kartu ATM ini sobat bisa mendatangi bank-bank lokal khususnya bank BRI, dan mengikuti setiap prosedur yang sudah ditentukan oleh pihak Bank.

2. Tahapan Dalam Melakukan Pencarian Dana BPUM BRI

Ketika semua syarat yang dibutuhkan sudah sobat penuhi, maka sekarang juga sobat tinggal melakukan beberapa tahapan untuk mencairkan dana yang sudah ditentukan. Umumnya dalam melakukan pencairan dana ini sangatlah sederhana, karena ada arahan dari petugas yang bisa sobat ikuti.

Namun dikarenakan ini adalah uang yang dikirimkan dari pemerintah, tentu ada beberapa tahapan penting yang perlu sobat lakukan. Adapun cara terbaik agar sobat bisa lebih mudah dalam melakukan pencarian, disini admin sudah menyediakan langkah-langkah yang bisa sobat ikuti sebagai berikut.

  • Di langkah yang pertama sobat kunjungi terlebih dahulu laman melalui browser.
  • Silahkan isi beberapa data ke dalam kolom yang disediakan seperti No KTP, Jadwal Antrian, UKO sampai dengan Wilayah Domisili.
  • Nantinya akan muncul Nomor Referensi yang wajib diSimpan ketika semua data termasuk kode verifikasi sudah sobat masukan.
  • Kemudian sobat bisa datang ke lokasi UKO, untuk memasukan NIK serta bukti Reservasi sesuai dengan jadwal antrian yang sobat dapatkan.
  • Agar proses dalam penarikan dana ini bisa berjalan dengan lancar, maka sobat bisa memperhatikan setiap arahan yang diberikan oleh petugas dengan benar.

Apabila dana dari bantuan program BPUM BRI ini sudah sobat terima, maka sobat bisa memanfaatkan sebaik mungkin dana yang diberikan tersebut. Pasalnya sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh pemerintah, yaitu dapat membangkitkan kembali ekonomi pelaku usaha akibat terkena dampak pandemi.

Baiklah sobat semuanya, jadi itulah tadi tutorial mengenai cara daftar BPUM BRI dan cairkan BLT UMKM 1,2 juga yang dapat admin bagikan. Gimana, sangat mudah bukan? Jadi buat sobat yang ingin memanfaatkan program ini, maka sobat dapat memperhatikan setiap langkah-langkah yang tertera di dalam artikel ini, terima kasih.

Simak juga :

By : Cirikhas.com

Leave a Comment