Begini Cara Cek Bansos Kemensos Go Id Covid Tahun 2022

Diera pandemi yang melanda Indonesia sekarang ini, pemerintah sudah menyediakan setidaknya 4 jenis bantuan sosial yang akan dibagikan kepada masyarakat. Dan untuk mengetahui apakah sobat menerima bagian dari bantuan sosial tersebut maka sobat perlu mencari tahu mengenai cara cek bansos kemensos.

Dalam situasi yang cukup merugikan semua pihak khususnya kalangan menengah di seluruh di Indonesia, tentunya mendapatkan bantuan dari pemerintah merupakan hal yang sangat di tunggu-tunggu. Bahkan untuk pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan, tentu akan terbantu dengan adanya bansos ini.

Tepi sebelum itu, seluruh masyarakat diharuskan untuk melakukan proses pendaftaran agar namanya tercatat sebagai penerima bantuan sosial. Oleh sebab itu admin menyediakan artikel ini, agar beberapa diantara sobat bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan dana bansos tersebut.

Ini Cara Mendaftar Bansos Kemensos Tahun 2022

Ketahui Cara Mendaftar Bansos Kemensos Tahun 2022

Berbagai jenis Bansos yang diadakan oleh jajaran pemerintah, saat ini cukup memberikan keringan bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi. Dan seperti yang admin bilang bahwasannya keringan ini bermula apabila masyarakat ingin mendaftarkan dirinya untuk menerima bantuan.

Singkatnya ada sebuah data-data penting yang perlu sobat kirimkan kepada pemerintah dan data-data itu biasanya adalah identitas diri. Jadi dari setiap jenis bantuan yang diinginkan, nantinya masyarakat perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu agar penyebaran hasil bantuan bisa lebih akurat.

Namun proses dalam melakukan pendaftaran inilah yang menjadi salah satu momok bahwasannya banyak diantara masyarakat yang belum bisa mendaftarkan dirinya. Sehingga perihal semacam inilah yang cukup disayangkan atau bahkan bisa saja berdampak pada pemikiran negatif masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

Dengan inilah, admin memberikan sebuah artikel dalam kategori tutorial, mengenai gimana caranya melakukan pendaftaran dan cek Bansos kemensos tahun 2022. Lantas sekarang juga sobat bisa memahami semua ulasan tentang tutorial ini, dengan cara menyimak semua rangkuman berikut ini.

A. Cara Daftar Bansos BPNT

Bansos BPNT

Salah satu jenis dari bantuan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah adalah Bantuan Pangan Non Tunai atau yang kerap disebut BPNT. Lantas untuk mencoba agar sahabat bisa meraih bantuan dari program yang satu ini, maka sekarang juga sobat bisa menyimak setiap langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama sobat siapkan dulu KTP dan juga KK.
  2. Berikutnya sobat kunjungi kantor kelurahan yang berada di wilayah sobat.
  3. Ikuti setiap prosedur atau tahapan-tahapan yang disampaikan oleh aparat.
  4. Jika sudah nantinya sobat akan menerima surat pemberitahuan.
  5. Tunggu beberapa waktu sampai semua data yang sobat ajukan di proses.
  6. Nantinya sobat perlu membawa Kode Unik Individu untuk kebutuhan dalam melakukan proses verifikasi.
  7. Apabila proses verifikasi selesai, maka bank akan membukakan rekening yang diajukan oleh sobat. Disini sobat juga bisa mendapatkan kartu keluarga sejahtera atau biasa disebut dengan KKS.
  8. Selesai.

B. Cara Daftar Bansos BST

Bansos BST

Selanjutnya salah satu program yang diadakan oleh pemerintah saat ini adalah Bantuan Sosial Tunai atau yang biasa disebut juga dengan BST. Dan disini admin pun sudah memberikan proses pendaftarannya, dalam sebuah tutorial yang dilengkapi dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Tahap awal sobat perlu mengkonfirmasi kepada Pak RT agar tergabung dalam masyarakat yang ingin mendapat bantuan BST.
  2. Isikan beberapa jenis data yang dibutuhkan.
  3. Tunggu beberapa waktu, dan biasanya sobat nanti akan menerima uang sebesar RP.300.000.
  4. Selesai.

C. Cara Daftar Bansos PKH

Bansos PKH

Program Keluarga Harapan atau yang kerap disebut dengan PKH merupakan salah satu bantuan untuk masyarakat miskin. Adapun cara pendaftaran agar sobat bisa menerima bantuan dari program ini yakni dengan cara menyimak serta mengikuti langlah-langkah mudah di bawah ini.

  1. Siapkan dulu kartu identitas diri sobat semacam KK dan juga KTP.
  2. Berikutnya kunjungi kantor kelurahan di wilayah sobat.
  3. Nantinya aparat desa akan memberikan instruksi mengenai bantuan tersebut.
  4. Setelah itu aparat desa akan mengunjungi masing-masing rumah kepala keluarga yang mendaftarkan dirinya untuk mendapat bantuan.
  5. Jika sudah maka seluruh data yang sudah sobat serahkan akan di proses untuk di validasi dan di verifikasi.
  6. Ketika data yang sobat ajukan sudah di validasi dan verifikasi, maka nantinya akan tercatat di Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial.
  7. Tunggu dalam beberapa waktu, sampai nantinya pemerintahan daerah memberikan informasi terkait penerima bantuan ini.

Panduan Cara Cek Penerima Bansos

Begini Cara Cek Penerima Bansos

Disaat proses pendaftaran terhadap masing-masing jenis bantuan sudah sobat lakukan, maka saatnya sobat melakukan proses pengecekan apakah sobat itu terdaftar dalam program ini atau tidak. Dalam melakukan pengecekan ini, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu sobat lakukan.

Dan dalam melakukan proses pengecekan ini juga, nantinya sobat bisa memilih untuk memanfaatkan dua cara pengecekan yang mana masing-masing cara tersebut dilakukan secara online. Dengan ini sobat tidak perlu melakukan proses pengecekan yang merepotkan, salah satunya dengan cara datang ke kantor cabang.

Walaupun proses pengecekan ini dilakukan secara online dan terbilang lebih mudah untuk dilakukan, namun masih banyak saja masyarakat yang bingung dalam melakukannya. Sehingga banyak diantara masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran, namun tidak tahu cara pengecekan yang perlu dilakukan.

Untuk itu pentingnya edukasi dalam melakukan proses pengecekan ini, supaya setiap masyarakat bisa lebih mudah dalam memanfaatkan program ini. Nah biar lebih jelasnya, sekarang juga sobat bisa melakukan proses pengecekan Bansos Kemensos melalui tutorial yang ada di bawah ini.

1. Cara Cek Penerima Bansos di Web Cek Bansos Kemensos Go ID

Menggunakan website resmi yang dibuat oleh kemensos, merupakan salah satu cara terbaik untuk sobat yang ingin mengecek apakah sobat terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak. Menggunakan website seperti ini juga bisa sobat lakukan dengan gampang, terlebih lagi admin sudah menyediakan tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama sobat buka Browser lalu ketikan cekbansoskemensos.go.id di kolom pencarian.
  • Di tampilan awal situs sobat isikan data tempat tinggal seperti provinsi, kabupaten, kecamatan serta kelurahan dan yang terakhir masukan nama lengkap sobat.
  • Berikutnya akan muncul kode Captcha, dan disitu sobat wajib untuk mengisinya.
  • Jika sudah sobat selanjutnya bisa mengklik tombol Cari Data.
  • Tunggu beberapa saat, sampai nantinya proses akan di konfirmasi.

2. Cara Mengecek Penerima Bansos Melalui Aplikasi

Selain memberikan layanan situs, kemensos juga sudah menyediakan sebuah layanan dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan cek penerima Bansos. Dan untuk mengetahui tentang bagaimana cara melakukan pengecekannya, maka sekarang juga sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama sobat unduh terlebih dahulu aplikasi Cek Bansos baik di Play Store maupun Appstore.
  • Berikutnya sobat lakukan proses registrasi.
  • Pada proses registrasi ini sobat perlu menyiapkan KTP, Foto KTP dan juga Swafoto.
  • Masukan Kode OTP yang biasanya terkirim lewat email sobat.
  • Tunggu sampai proses Verifikasi atau Validasi selesai.
  • Ketika proses pendaftaran selesai nantinya sobat bisa memulai mengakses setiap menu yang ada di aplikasi.
  • Akses menu Pencarian untuk mengetahui apakah nama sobat terdaftar sebagai penerima program Bansos.
  • Selesai.

Ciri-Ciri Masyarakat Yang Berhak Mendapatkan Bansos

Kriteria Masyarakat Yang Berhak Mendapatkan Bansos

Walaupun diperuntukan untuk masyarakat Indonesia, namun tidak semua orang berhak mendapatkan bantuan seperti ini. Sebab hanya ada beberapa kriteria masyarakat saja yang berhak untuk mengajukan atau menerima bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintahan Indonesia.

Karena sangat tidak mungkin, apabila masyarakat dengan status kehidupan serba mencukupi bisa dan berkat mendapatkan bantuan ini. Jadi untuk kesimpulannya, masyarakat yang berhak untuk menerima bantuan ini hanyalah masyarakat dengan status kehidupan yang serba tidak kecukupan.

Lalu status kehidupan masyarakat ini juga akan di bagi lagi, agar setiap masyarakat bisa mendapatkan dana bantuan yang sesuai dengan kriterianya. Nah untuk lebih jelasnya, sekarang juga sobat bisa melihat beberapa jenis kriteria masyarakat yang sangat berhak untuk mendapatkan bantuan Bansos Kemensos.

  • Tempat tinggal belum terbuat secara permanen atau masih dari kayu dan bambu.
  • Mendapatkan air hanya dari sungai atau memanfaatkan pam air yang dibuat oleh pemerintahan.
  • Memiliki penerangan rumah yang bukan berasal dari sumber listrik.
  • Pendapatan atau sumber pencarian hanya berkisar Rp. 600.000 dalam waktu sebulan.
  • Tidak memiliki kesanggupan ketika ingin menebus obat di rumah sakit maupun apotik.
  • Sumber api untuk membuat masakan masih berasal dari minyak tanah dan kayu bakar.
  • Pendidikan di suatu keluarga tersebut hanya lulusan SD.
  • Terkadang makan hanya dua kali dalam sehari.

Umumnya masih ada banyak sekali jenis kriteria masyarakat yang berhak menerima bantuan uang dari pemerintahan, dan itu semuanya akan di survey oleh aparat desa tempat tinggal sobat. Gimana, apakah artikel ini dapat membantu? Jika iya, maka sobat bisa membagikan artikel ini kepada kerabat dekat sobat.

Jangan lupa untuk simak artikel berikut :

By : Cirikhas.com/app

Leave a Comment