5 Cara Menjadi Centang Biru Tiktok dan Jadi Terkenal, Mudah!

Memiliki karier sebagai seorang Tiktoker adalah sesuatu yang sangat menarik saat ini. Apalagi penghasilan yang didapatkan dari aplikasi ini bisa sangat besar. Terlebih kamu sudah menjadi centang biru TikTok yang sangat berpengaruh.

Dengan memiliki centang biru atau diverifikasi, personal branding yang dimiliki akan semakin meningkat. Akan semakin banyak brand yang mau melakukan kerjasama sehingga aktivitas ini bisa digunakan sebagai pekerjaan utama.

Apabila kamu ingin mengetahui bagaimana menjadi centang biru TikTok dengan mudah. Ada baiknya untuk menyimak ulasan yang akan dibahas dalam artikel ini. Dengan begitu bisa menjadi seorang Tiktoker yang sangat sukses.

Sekilas Tentang TikTok

Sekilas-Tentang-TikTok

Sebelum membahas tentang centang biru TikTok, ada baiknya untuk membahas apa aplikasi TikTok itu sendiri. Secara umum aplikasi ini merupakan platform yang digunakan untuk membagi potongan video pendek dengan tema yang berbeda-beda.

Awal kemunculannya dulu TikTok digunakan untuk joget-joget atau memamerkan dance challenge. Namun seiring dengan berjalannya waktu digunakan juga untuk banyak hal seperti melakukan story telling hingga digunakan untuk berjualan.

Platform yang awalnya banyak dihina di Indonesia ini justru sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak orang melakukan aktivitas dengan memanfaatkan media sosial ini bahkan digunakan juga sebagai tempat untuk bekerja.

Tidak mengherankan jika saat ini Tiktok bisa dianggap sejajar dengan YouTube. Apabila sudah terjun ke sana dan mengembangkan karier dengan baik kemungkinan besar akan sukses dan mendapatkan centang biru TikTok.

Di kemudian hari bukan tidak mungkin aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai hal. Jadi tidak ada salahnya untuk mempelajari aplikasi ini bahkan jika memungkinkan berusaha agar mendapatkan verifikasi (verified) atau centang biru Tiktok.

Manfaat Menjadi Centang Biru TikTok

Manfaat-Menjadi-Centang-Biru-TikTok

1. Personal Branding Meningkat

Sebenarnya salah satu alasan kenapa kita mengusahakan tulisan centang biru Tiktok adalah untuk meningkatkan personal branding. Ini penting untuk dilakukan karena personal branding akan bermanfaat untuk banyak hal.

Personal branding tidak hanya berhubungan dengan urusan video yang dibuat pada Tiktok saja. Lebih dari itu, personal branding akan membuat kamu jadi kuat dan dianggap mampu untuk melakukan apa pun.

2. Mudah Kerja Sama dengan Brand

Saat ini Tiktok tidak hanya berhubungan dengan joget-joget tidak jelas atau sharing potongan film saja. Lebih dari itu, Tiktok bisa digunakan juga untuk menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Salah satunya adalah brand yang jumlahnya ada banyak.

Umumnya brand akan berusaha untuk menjalin kerja sama karena kesempatan untuk dilihat banyak orang cukup tinggi. Apalagi jika kamu bisa menjadi key opinion leader atau KOL. Kontrak dan kerja sama akan mudah didapatkan.

3. Mudah untuk Jualan Produk

Tiktok adalah platform digital video yang sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan ini membuat kamu mudah menjual berbagai jenis produk. Jadi, kamu bisa melakukan siaran langsung atau live streaming sambil berjualan.

Selanjutnya pada layar akan ada tombol untuk berjualan secara langsung. Konsepnya jadi mirip sekali dengan online shop atau marketplace yang banyak bermunculan saat ini.

4. Mendapatkan Viewer Lebih Banyak

Centang biru Tiktok juga akan membuat kamu jadi mudah untuk mendapatkan viewer. Meski tidak ada jaminan jika semua konten yang dibuat akhirnya FYP, setidaknya kamu bisa memberikan daya tarik tersendiri agar view terus meningkat.

Asal bisa membuat konten yang berkualitas, kesempatan untuk mendapatkan ini cukup mudah untuk dilakukan. Jadi, pastikan terlebih dahulu untuk riset konten dan tidak asal membuat video.

5. Jadi Selebriti TikTok

Tiktok juga gudangnya orang-orang yang ingin terjun ke dunia hiburan atau dunia profesional. Tidak mengherankan jika beberapa pengguna yang sudah punya centang mudah menjadi selebriti Tiktok atau influencer yang disukai oleh banyak orang.

6. Dipakai untuk Pekerjaan Utama

Saat ini sebagian besar orang sudah menggunakan Tiktok untuk keperluan pekerjaan utama. Jadi, tidak lagi dimanfaatkan untuk pekerjaan sampingan saja. Artinya dengan kesempatan ini kamu bisa dengan mudah untuk berganti pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Meski bisa digunakan sebagai pekerjaan utama, dianjurkan untuk selalu memiliki pekerjaan yang benar-benar sudah pasti. Jadi, saat Tiktok sudah tidak begitu diminati beberapa tahun ke depan, kamu tidak mengalami kebingungan.

7. Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Keuntungan terakhir jika kamu sudah memiliki centang biru adalah mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Pekerjaan ini bisa berhubungan dengan pembuatan konten atau bisa juga berhubungan dengan promosi suatu produk.

Bahkan jika beruntung, pekerjaan ini bisa diberikan sendiri oleh pihak Tiktok Indonesia. Jadi, tidak perlu khawatir jika nantinya akan menjadi seorang content creator full time. Karena pekerjaan tidak harus yang berada di kantor saja.

Kekurangan Centang Biru TikTok

Kekurangan-Centang-Biru-TikTok

1. Harus Menjaga Sikap

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh akun yang sudah centang biru adalah kita harus banyak menjaga sikap. Jika kamu sudah mendapatkan verifikasi, mau tidak mau harus menjaga sikap saat sedang memposting sesuatu atau saat sedang melakukan live.

Jika kamu melakukan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan harapan banyak orang, mereka akan banyak melakukan kritisi. Intinya apa pun yang dilakukan akan menjadi konsumsi banyak pihak dan akhirnya membuat mereka jadi senang atau sebaliknya.

Itulah kenapa kamu harus memikirkan banyak hal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi seleb Tiktok. Karena mau bagaimana pun pasti ada plus dan minusnya dalam setiap hal yang dilakukan.

2. Memiliki Banyak Haters

Sekali saja melakukan kesalahan ketika melakukan live atau memposting di VT, semua orang jadi membenci padahal sebelumnya sangat menyukai apapun yang sedang kamu posting. Jadi, pastikan untuk selalu berhati-hati dalam melakukan apa pun.

Sekali memiliki haters, akan sangat sulit untuk keluar dari sana. Karena semua orang akan jadi pesimis dan apa pun yang dilakukan akan mendapatkan kritik. Jadi, pastikan semuanya clear dan tidak ada sesuatu yang memicu perdebatan.

Jika memiliki hater dan jumlahnya banyak kemungkinan besar akan membuat karier jadi berantakan. Bahkan, bukan tidak mungkin berbagai branding yang sudah dilakukan itu jadi berantakan dan tidak bisa dilanjutkan.

3. Gampang Viral

Gampang menjadi viral mungkin bisa dijadikan batu loncatan untuk mendapatkan perhatian banyak orang. Apalagi di Indonesia sesuatu yang viral bisa digunakan untuk mencari uang dengan mudah dibandingkan dengan privasi.

Meski demikian usahakan untuk tidak membuat sesuatu yang bermasalah. Karena hal yang mudah viral dan sifatnya negatif akan membuat kamu jadi semakin buruk di mata banyak orang. Bahkan, ada kemungkinan kamu jadi kehilangan centang biru dengan mudah.

Cara Centang Biru TikTok

Cara-Centang-Biru-TikTok

1. Konsisten

Cara centang biru Tiktok yang pertama adalah dengan melakukan posting secara konsisten. Maksud dari posting secara konsisten di sini adalah rutin dan tidak ada jeda. Misal rutin sehari sekali, posting harus dilakukan terus-menerus dan temanya bervariasi.

Hindari untuk melakukan spam postingan yang ujung-ujungnya hanya cuplikan film atau hal tidak berguna lainnya. Setelah orang-orang mengalami bosan akhirnya sulit untuk memaksimalkan hal itu lagi dan akhirnya berhenti karena bingung dengan ide yang habis.

Lebih baik konsisten terlebih dahulu dengan apa yang benar-benar disukai saja. Setelah itu kamu bisa membuat konten apa pun dengan lebih mudah dan cepat. Intinya salah satu kunci agar bisa konsisten adalah terus berusaha dan mengerjakan yang memang disukai.

2. Buat Konten Berkualitas

Konten yang tersedia di Tiktok jumlahnya ada banyak mulai dari konten yang berkualitas sampai konten biasa. Jika kamu memiliki konten yang sangat random, disarankan untuk tidak memikirkan lagi konsep kontennya terlebih dahulu agar bisa berjalan dengan baik.

Buat konten berkualitas dengan menerapkan konsep yang menarik, setelah itu baru direalisasikan. Lakukan ini dengan melihat bagaimana respons yang dimiliki oleh para penggemar atau orang-orang yang sedang melakukan follow.

Apabila konten yang nantinya kamu buat tidak sesuai atau dianggap jelek, kemungkinan untuk mendapatkan centang biru akan semakin sulit dilakukan. Jadi, pastikan terlebih dahulu untuk memiliki hal ini sebelum berusaha untuk mendapatkan verifikasi.

3. Sering FYP

Syarat lain yang mungkin menjadi pertimbangan jika ingin menjadi centang biru Tiktok adalah sering mendapatkan FYP. Seperti yang kita tahu bersama, FYP adalah salah satu cara agar konten kita dilihat lebih banyak orang dan mendapatkan viral.

Jika konten yang dibuat sering masuk FYP, berarti algoritma yang dimiliki oleh aplikasi suka dengan postingan atau video yang sedang dibuat. Jadi, Tiktok akan menyukai apa pun yang dilakukan sehingga kemungkinan dapat FYP semakin besar.

Itulah kenapa konten yang berkualitas dan disukai oleh banyak orang menjadi penting untuk dibuat. Jadi, jangan fokus pada kualitas saja, tetap isi juga menarik dan sedang trending. Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan lagu di sana.

Lagu yang sedang trending umumnya akan mudah mendapatkan FYP karena pendengarnya sangat banyak. Selain itu juga jangan lupa untuk menggunakan tagar atau hashtag yang sedang disukai agar mudah untuk mendapatkan FYP.

4. Kerja Sama dengan Banyak Pihak

Kerja sama dengan banyak pihak bisa didapatkan dengan meningkatkan konten terlebih dahulu. Selanjutnya, kita juga akan semakin dikenal dan memiliki pengaruh yang cukup kuat di dunia Tiktok. Ini akan membuat pihak Tiktok semakin mudah untuk mengenali.

Jadi, lakukan kerja sama dengan banyak pihak khususnya mereka yang memiliki banyak pengaruh dan juga centang biru. Kerja sama ini akan membuka mata para moderator untuk memudahkan  mereka memberikan status verifikasi.

Jalin kerja sama dengan banyak influencer terkenal atau yang memiliki passion sama. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan  perhatian dan akhirnya mudah untuk mendapatkan centang biru.

5. Taat Aturan

Sebanyak apa pun jumlah follower yang dimiliki jika kamu tidak bisa menjaga konten yang diposting juga tidak akan berguna. Apalagi Tiktok memiliki sistem regulasi yang cukup ketat dan tidak akan mentolerir siapa pun yang mereka anggap menyalahi aturan.

Itulah kenapa jika kamu ingin mendapatkan centang biru, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan patuh dengan aturan. Bila perlu kamu bisa membaca dahulu aturan yang diterapkan oleh Tiktok agar mengetahui apa pun yang dilarang.

Akan sangat disayangkan jika kamu sudah memiliki jumlah penggemar yang banyak, tetapi melakukan kesalahan dan akun menjadi hilang dengan sendirinya. Jangan pikirkan centang biru dahulu, tetapi pahami cara kerjanya agar semua proses berjalan baik.

Apakah Centang Biru itu Penting?

Apakah-Centang-Biru-itu-Penting

1. Penting untuk Meningkatkan Kesempatan

Centang biru Tiktok bisa dibilang sangat penting karena bisa meningkatkan kesempatan yang dimiliki oleh seseorang. Dengan adanya verifikasi, kualitas dari seseorang akan dianggap mumpuni sehingga mudah untuk mendapatkan kerja sama dengan banyak pihak.

Meksi secara umum kesempatan itu bisa didapatkan dari mana saja, adanya centang biru akan membuat semuanya menjadi lebih mudah. Bahkan saat digunakan sebagai salah satu portofolio, kamu bisa dengan mudah dilirik oleh pihak HR.

Itulah kenapa jika kamu ingin fokus untuk membangun di dunia ini tidak ada salahnya untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik. Karena jika sudah menjadi highlight banyak orang jauh sebelum centang biru, aneka kesempatan bisa datang dengan lebih cepat.

2. Penting untuk Eksistensi

Eksistensi dalam pembuatan karya adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan dengan maksimal. Umumnya seseorang yang sudah mendapatkan keinginannya jarang untuk berusaha lagi dan akhirnya karier yang sedang dibangun di dunia ini justru terhambat.

Adanya centang biru akan membuat kamu mau tidak mau akan meningkatkan eksistensi. Karena verifikasi ini umumnya tidak akan berjalan selamanya. Kadang ada juga yang dihilangkan karena tidak menaati aturan yang berlaku dan tidak eksis lagi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan eksistensi adalah dengan terus membuat konten secara terus-menerus. Paling tidak satu hari ada konten dan dibuat secara konsisten. Jadi, meski sibuk pun masih ada interaksi yang terjaga.

3. Penting untuk Kualitas

Menjadi seorang content creator yang sudah mendapatkan verifikasi dari Tiktok tidak akan membuat kamu serta-merta hidup enak. Karena seorang yang mendapat centang biru lebih diawasi oleh banyak orang dan juga oleh pihak moderator.

Ini akan membuat kamu lebih mempertahankan kualitas dari konten yang dibuat. Jadi, tidak hanya asal membuat konten yang membuat kamu terlihat eksis saja. Namun, juga bisa membuat konten yang benar-benar dipikirkan dengan matang.

Konsistensi untuk posting sehari sekali memang baik dan bisa diterapkan. Namun, akan lebih baik lagi jika mampu memuat seminggu sekali dengan kualitas yang sempurna. Jadi, setiap membuat konten akan langsung disukai dan mendapatkan banyak respons.

4. Penting untuk Karier

Jika kamu sedang membangun karier di dunia Tiktok, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja yang berhubungan dengan centang biru. Karena dengan hanya menjadi centang biru di Tiktok saja tidak akan membuat kamu langsung menjadi orang yang sukses.

Itulah kenapa setelah kamu sudah mendapatkannya dianjurkan untuk terus mempertahankan itu. Karena jika mendadak akun tidak mendapatkan centang biru, risiko untuk terkena blokir atau sejenisnya akan semakin besar dan bisa merusak semuanya.

Jadi, mumpung sudah mendapatkan centang biru tidak ada salahnya untuk mempertahankan itu dengan baik. Salah satunya adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan juga membuat konten yang tidak melanggar aturan dari pihak Tiktok.

Mendapatkan centang biru TikTok sebenarnya bukan pekerjaan yang mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan sehingga pihak dari aplikasi bisa mengenali dan akhirnya memberikan simbol verifikasi yang sangat unik itu.

Apabila sedang membangun karier di dunia ini diharapkan untuk bisa melakukan semuanya dengan baik. Karena pada akhirnya centang biru hanyalah masalah gengsi saja dan selebihnya tergantung dengan kreativitas yang dimiliki seseorang.

Baca Juga:

Leave a Comment