17 Aplikasi Screenshot Laptop Terbaik App Windows & Mac

Penggunaan perangkat digital seperti smartphone dan laptop memang tidak lepas dari tindakan screenshot. Fitur yang satu ini memang krusial keberadaannya untuk berbagai kebutuhan. Tak heran jika banyak yang mencari aplikasi screenshot laptop yang mudah digunakan.

Tidak seperti di HP, screenshot melalui laptop memang sedikit lebih tricky. Banyak yang merasa bingung ketika mendapati keyboard Print Screen di laptopnya rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tidak perlu khawatir, ulasan kali ini akan merekomendasikan beberapa aplikasi terbaik untuk screenshot di laptop. Aplikasi seperti ini sebaiknya segera didownload karena kita tidak pernah tahu kapan membutuhkannya untuk berbagai keperluan.

Download Rekomendasi Aplikasi Screenshot Laptop Gratis Terbaik 2022

Penggunaan aplikasi screenshot panjang laptop bisa menjadi solusi jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal. Misalnya jika ingin crop hasil tangkapan layar atau mengeditnya sesuai kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar rekomendasi aplikasi screenshot  terbaik untuk laptop.

1. ScreenTake

ScreenTake

Jika kamu mencari aplikasi screenshot laptop terbaik di Windows, maka ScreenTake bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini bisa memilih area mana yang ingin di-capture sesuai kebutuhan. Menariknya, hasil tangkapan layar bisa langsung diedit menggunakan editor bawaan.

Ada berbagai macam atribut yang bisa ditambahkan secara gratis, misalnya tanda panah, garis, blur, lingkaran, dan masih banyak lagi. Keunggulan aplikasi ini terletak pada fitur bernama smart sensing dan multi monitor yang bisa digunakan dengan mudah.

Kamu bisa mengaktifkan beberapa jendela sekaligus ketika melakukan screenshot. Fitur seperti ini akan terasa berguna ketika kamu sering bekerja secara multitasking. Tak jarang beberapa aplikasi harus terbuka agar pekerjaan cepat selesai.

Pengguna bisa langsung mendokumentasikannya tanpa harus melakukan capture satu per satu. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini yaitu bisa didownload secara gratis. Terutama pada sistem operasi Windows 10, 8, dan 7. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur yang ditawarkan.

  • Multi monitoring
  • Screenshot mode Windows, free, dan full screen
  • Smart sensing
  • GIF maker
  • Screenshot editor
  • Screen recorder
  • Upload gambar ke penyimpanan cloud

2. Awesome Screenshot (Chrome)

Awesome-Screenshot-Chrome

Bagi yang sering bekerja dengan memanfaatkan Google Chrome, maka aplikasi screenshot laptop gratis ini bisa jadi pilihan cerdas. Mengingat Awesome Screenshot sendiri sudah terintegrasi langsung dengan Chrome.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengambil tangkapan layar di area mana saja asalkan masih dalam browser. Tidak hanya itu, fitur lainnya yang bisa digunakan yaitu merekam layar dengan input microphone dan kamera.

Setelah itu, kamu bisa langsung membagikannya melalui Jira, GitHub, Trello, Stack, dan lainnya. Tak heran jika aplikasi ini bisa meningkatkan produktivitas tanpa memakan banyak memori. Adapun fitur-fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi ini yaitu.

  • Screenshot editor cukup lengkap
  • Instant sharing
  • Screen recorder dengan input mic dan kamera
  • Screenshot di berbagai halaman website pada Chrome

3. Snipaste

Snipaste

Aplikasi screenshot laptop berikutnya yang patut dicoba adalah Snipaste. Aplikasi ini bisa diinstal di OS Windows 10, 8, dan 7 dengan mudah karena ukurannya yang cukup ringan. Bahkan laptop atau PC dengan spesifikasi rendah sekalipun bisa menggunakannya.

Tersedia berbagai pilihan mode screenshot yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tersedia pula fitur edit gambar dan format gambar bervariasi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Snipaste.

  • Editor foto
  • Fast screenshot
  • Bisa mengatur hotkey sendiri
  • Color picker
  • Image annotation
  • Auto backup & restore

4. ShareX

ShareX

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya langsung mengunggah hasil tangkapan layar ke platform lain. Tidak hanya itu, fitur lainnya yang bisa dicoba adalah Scrolling Capture yaitu screenshot secara memanjang.

Kamu akan membutuhkannya ketika membutuhkan informasi penting dari Webpage Capture di berbagai alamat situs. Menambahkan tanda air ke hasil tangkapan layar pun bisa dilakukan. Keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu bisa didapatkan secara gratis dan tanpa iklan.

Dengan demikian, kamu tidak akan merasa terganggu iklan ketika hendak mengambil tangkapan layar. Aplikasi ini juga terbilang ringan dan bisa disesuaikan dengan alur kerja. Pengembangnya menyematkan alat anotasi yang cukup lengkap dan opsi sharing bervariasi.

Berikut beberapa fitur yang menjadi unggulan aplikasi ShareX:

  • Mode screenshot bervariasi yaitu mode bebas, jendela aktif, full screen, area persegi
  • Upload gambar ke server tertentu
  • Galeri
  • GIF maker
  • Screen recording

Adapun ShareX sendiri kompatibel untuk laptop Windows 7, 8.1, dan 10. Metode tangkapan layar yang ada di dalamnya terbilang lengkap sehingga bisa disesuaikan kebutuhan belajar maupun pekerjaan.

5. Snipping Tool

Snipping-Tool

Sebagian besar laptop Windows akan mendapatkan aplikasi bawaan ini, misalnya untuk pengguna Win 7, 8, 8.1, dan 10. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur utama screenshot yang sangat fungsional dan simple.

Kamu bisa mengambil tangkapan layar secara penuh, sebuah jendela tunggal, hingga pada area tertentu saja. Hasil screenshot pun bisa dalam bentuk persegi atau bebas sesuai kebutuhan. Tidak hanya fitur utamanya berupa screenshot, namun ada beberapa tambahan lainnya.

Diantaranya adalah fitur penghapus, stabilo, pensil, dan sebagainya. Fitur alat tulis digital tersebut bisa digunakan ketika kamu hendak menambahkan keterangan pada hasil tangkapan layar. Jadi, tidak perlu mengeditnya dengan aplikasi berbeda.

Hasil tangkapan layar pun bisa disimpan dengan berbagai format, yaitu PNG, GIF, MHT, dan JPG. Cara menggunakannya pun sangat mudah mengingat aplikasi bawaan biasanya memang tidak terlalu rumit.

Jika belum mendapati aplikasi ini di layar utama atau taskbar, silahkan cari terlebih di menu Start. Agar nantinya lebih mudah digunakan saat dibutuhkan, silahkan pin di taskbar.

6. Greenshot

Greenshot

Jika kamu mencari aplikasi screenshot laptop yang gratis dan open-source, maka Greenshot adalah solusinya. Aplikasi ini sendiri diperuntukkan bagi pengguna Microsoft Windows yang membutuhkan fitur dasar tangkapan layar.

Aplikasi ini bisa menjadi pilihan bagi yang memori di laptopnya terbatas. Greenshot sangat ringan, bahkan tidak sampai 2 MB. Meski demikian, bukan berarti fitur-fitur di dalamnya sangat terbatas sehingga tidak optimal.

Aplikasi ini memungkinkan kamu menangkap halaman web (scrolling) lengkap di browser. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa membuat animasi dan beberapa opsi ekspor atau pengunggahan. Sayangnya tangkapan layar secara scrolling hanya bisa dilakukan di Internet Explorer.

Meski demikian, aplikasi ini tetap digandrungi karena sangat ringan ddan mudah digunakan. Progam yang dirilis tahun 2007 ini mendukung 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

7. PicPick

PicPick

Aplikasi screenshot laptop berikutnya adalah PicPick yang pada dasarnya tersedia gratis. Namun versi berbayarnya menawarkan fitur yang lebih fleksibel dan optimal. Apabila kamu membutuhkan hasil tangkapan layar yang tampak profesional dan mudah diedit, maka versi premim direkomendasikan.

Misalnya jika kamu hendak membuat konten atau materi pembelajaran yang mudah dipahami di laptop. Tentunya, PicPick versi premium bisa membuatnya lebih baik dan menarik perhatian. Namun jika penggunaannya sebatas kebutuhan screenshot rumahan, maka versi gratis bisa jadi pilihan.

Berbagai macam fitur profesional yang ditawarkan PicPick memang llebih bagus untuk keperluan bisnis atau kreativitas. Aplikasi berukuran 15 MB ini memiliki interface yang modern sehingga sudah dipastikan PicPick buka aplikasi screenshot biasa.

Tidak sedikit blogger yang gemar berbagi tutorial bergambar yang menggunakan aplikasi ini. Fitur pengeditan di dalamnya sangat mendukung hasil screenshot yang profesional tanpa tambahan aplikasi lainnya.

Beberapa fitur unggulan yang bisa digunakan misalnya menerapkan efek, menambahkan tanda panah atau angka, menyisipkan teks, dan sebagainya.

8. Snagit

Snagit

Jika kamu mencari aplikasi screenshot berbayar dan profesional, maka Snagit bisa menjadi pilihan tepat. Ada berbagai macam template yang bisa dimanfaatkan untuk membuat dokumentasi visual. Bisa juga dipakai untuk membuat tutorial atau materi pelatihan yang membutuhkan screenshot.

Menariknya, kamu juga bisa membuat video atau GIF dari hasil tangkapan layar yang ada. Fitur lainnya yaitu tab pratinjau yang bisa menampilkan gambar yang lebih diperbesar. Terutama pada bagian kursor melayang sehingga hasilnya lebih baik.

Kamu juga bisa mengedit ukuran gambar, memberikan efek khusus, dan sebagainya. Aplikasi ini sendiri sudah support berbagai macam bahasa dan metode screenshot, termasuk bahasa Indonesia.

9. TinyTake

TinyTake

Aplikasi Screenshot laptop berikutnya yang patut dicoba adalah TinyTake. Pengembang aplikasi ini telah menyematkan fitur yang cukup beragam dan fungsional. Kamu bisa menambahkan teks pada hasil tangkapan layar untuk memberi keterangan atau panduan tertentu.

Terdapat ikon anak panah atau arrow yang biasanya dibutuhkan bagi pembuat konten tutorial. Jika ingin memberi garis bawah pada tulisan yang sudah di-screenshot, kamu bisa memanfaatkan line tool yang tersedia.

Adapun untuk ellipse tool sendiri digunakan untuk menambahkan tanda oval pada bagian tertentu. Terdapat efek bluring untuk mengaburkan bagian tertentu atau dikenal dengan istilah sensor. TinyTake juga menyediakan layanan server pribadi dengan memanfaatkan sistem cloud storage.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir hasil tangkapan layar akan memenuhi memori nantinya. Aplikasi ini juga cukup ringan sehingga tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tingkat tinggi.

10. Lightshot

Lightshot

Butuh aplikasi screenshot laptop dengan tampilan sederhana namun efektif? Cobalah menginstall Lightshot yang memang cukup populer bagi yang suka membuat tutorial. Namun, penggunaan aplikasi ini juga sangat mendukung untuk kebutuhan sehari-hari.

Pada dasarnya, terdapat tombol pintas untuk mengaktifkannya di Windows. Caranya adalah dengan menekan tombol Printscreen yang ada di keyboard. Setelah itu, hasil tangkapan layar akan langsung masuk ke aplikasi Lightshot karena sudah terintegrasi.

Beberapa fitur tambahan yang patut dicoba misalnya square line, arrow tool, add text, dan opsi penyimpanan lokal dan cloud.

11.  ScreenPresso

ScreenPresso

Jika kamu lebih menyukai tema gelap atau dark mode, maka cobalah ScreenPresso. Aplikasi ini banyak digunakan oleh penggiat konten di blog, Youtube, dan sebagainya. Fitur-fitur pendukung di dalamnya begitu fleksibel dan fungsional.

Aplikasi ini memiliki tampilan menu yang terstruktur dan jelas sehingga pemula sekalipun bisa memahaminya dengan mudah. Kamu juga bisa menambahkan teks pada gambar  dan grafik warna-warni. Tak heran jika hasil screenshot nantinya bisa tampak lebih jelas.

12. Skitch

Skitch

Pada dasarnya, aplikasi ini bersifat multiplatform yaitu bisa diinstall di OS Windows maupun Mac. Disarankan untuk mengunduh versi terbarunya karena terdapat beberapa fitur tambahan yang fungsional.

Sayangnya, versi terbaru Skitch hanya bisa diinstall di MacOS. Sedangkan untuk pengguna Windows hanya support sampai versi 2.8 saja, yaitu yang dirilis 2016 lalu. Kamu bisa menjadikan aplikasi screenshot laptop ini sebagai andalan karena memiliki banyak kelebihan.

Tersedia tiga buah mode screenshot yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu region, blank, dan full screen. Tidak hanya itu, fitur pengeditan di dalamnya juga patut diperhitungkan. Diantaranya adaah teks, arrow, blur, dan highlight.

Hasil tangkapan layar pun tampak lebih profesional karena tersedia pilihan crop foto hasil capture yang tidak diinginkan.

13. Jing

Jing

Jing menjadi aplikasi screenshot laptop yang akhir-akhir ini banyak dipilih. Salah satu keunggulan utamanya yaitu kepraktisannya. Setelah menginstall aplikasi ini, pada tollbar terdapat menu berwarna oranye.

Adapun menu tersebut berfungsi untuk mengakses pengaturan, tangkapan layar, dan sebagainya. Aplikasi ini merupakan jawaban jika kamu mencari platform screenshot layar laptop atau PC yang cepat.

Menariknya, kamu juga bisa capture layar menggunakan video atau dikenal dengan istilah screen record. Tersedia pula pilihan penyimpanan lokal atau screencast yang bisa digunakan dengan mudah.

14. FastStone Capture

FastStone-Capture

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan screenshot dengan cepat. Menariknya, aplikasi yang satu ini bersifat portable sehingga kamu tidak perlu menginstallnya. Tentunya, hal ini akan lebih menghemat ruang penyimpanan yang ada di PC atau laptop.

FastStone sendiri sudah terintegrasi dengan aplikasi office, misalnya Word, Excel, dan Powerpoint. Screenshot bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Tersedia pula fitur editing yang bisa membuat hasil tangkapan layar lebih profesional.

15. Monosnap

Monosnap

Monosnap bisa diandalkan untuk melakukan capture informasi penting di layar laptop. Aplikasi ini kerap kali menjadi pilihan bagi mereka yang hobi membuat konten tutorial.  Terdapat beberapa fitur unik yang menjadikan aplikasi ini tidak monoton.

Hasil tangkapan layar bisa ditambah keterangan agar lebih detail dan mudah dipahami. Kamu juga bisa langsung mengunggahnya ke penyimpanan cloud agar tidak mudah hilang. Pada dasarnya, Monosnap sudah cukup memenuhi kebutuhan screenshot secara standar.

Sebelum menggunakannya, ada baiknya mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu agar tidak ribet ketika harus screenshot.

16. Snip & Sketch

Snipping-Tool

Bagi kamu yang menggunakan Windows 10, sebaiknya tidak melewatkan aplikasi yang satu ini. Snip & Sketch pada dasarnya memang didesain khusus pengguna OS terbaru Windows. Untuk mengaktifkan fitur ini pun sangat mudah, bahkan bisa menggunakan kombinasi tombol.

Kamu tinggal menekan Windows+Shift+S pada keyboard dan nantinya akan muncul bar untuk mengambil tangkapan layar. Ada berbagai macam mode screenshot yang bisa dipilih agar hasilnya maksimal.

Setelah itu, kamu akan langsung masuk ke menu editor dan manfaatkan tools yang tersedia. Misalnya dengan menandai area tertentu pada gambar hasil tangkapan layar.

17. Xbox Game Bar

Xbox-Game-Bar

Pengguna Windows 10 memang dimanjakan dengan berbagai macam aplikasi terbaru. Salah satunya adalah Xbox Game Bar yang merupakan aplikasi bawaan untuk membuat konten gaming. Menariknya, kamu tidak hanya bisa merekam game yang berlangsung dengan aplikasi ini.

Melainkan ada pula fitur capture atau screenshot yang mudah digunakan. Jadi, penggunaannya tidak hanya seputar pada video game saja. Namun, hasil screenshot hanya dalam mode full screen sehingga jika ingin mengubahnya harus menggunakan editor.

Untuk mengaktifkan fitur ini di Windows 10, kamu bisa menekan kombinasi tombol. Silahkan tekan Windows+G lalu pilih opsi record layar atau mengambil screenshot.

Beberapa aplikasi screenshot laptop yang disebutkan di atas memang memiliki fitur bervariasi. Jika kamu hendak menggunakan hasil tangkapan layar untuk tujuan profesional, maka sebaiknya pilih aplikasi yang mumpuni. Misalnya yang menyediakan mode screenshot yang beragam.

Baca Juga:

Leave a Comment